Media Sosial Dunianya Anak Milenial


20191229_165016_0000.png

Read 88 

Zaman sekarang ini atau biasa disebut zaman millenial menjadikan media social sebagai salah satu komunikasi, informasi ataupun hanya sebagai bahan eksis semata. Media social sekarang ini bukan hanya anak remaja saja yang tahu tapi hampir seluruh masyarakat tahu akan media social. Tidak jarang bahwa sekarang apa-apa media social dan sedikit-sedikit banyak hal viral yang seharusnya tidak boleh disebarluaskan begitu saja masuk ke media social.

Dasarnya media sosial adalah situs atau layanan jejaring (online) yang memungkinkan penggunanya tak hanya mengonsumsi, tapi juga berpartisipasi membuat, mengomentari, dan menyebarkan beragam konten dalam berbagai format: teks, gambar, audio, atau video.
Populasi pengguna media social meningkat pesat dari tahun ke tahun, dulu jenis media social yang kita kenal mungkin hanya facebook, twitter, bbm tapi sekarang media social sudah banyak jenisnya seiring meningkatnya pengguna media social, sekarang jenis media social sudah banyak seperti youtube, whatsapp, Instagram, dan lain sebagainya.

Media social mempunyai dampak negative dan juga dampak positif bagi para penggunanya. Dampak negative media social adalah kurangnya interaksi secara langsung antara individu satu dengan yang lain, acuh terhadap lingkungan di sekitarnya, mata menjadi tidak sehat karena selalu menatap ke layar hp, laptop ataupun computer secara terus menerus, banyaknya kejahatan yang terjadi di media social, dll, sedangkan dampak positifnya media social menjadi sumber informasi maupun komunikasi bagi masyarakat, , mengembangkan keterampilan dan social, memudahkan berbelanja, juga memudahkan komunikasi jarak jauh.

Penggunaan media social di negara Indonesia ini bisa diminimalisir dengan diaturnya batas penggunaan media social dengan cara mematikan akses media social untuk sementara waktu, mensosialisasikan dampak negative maupun positif media social kepada masyarakat, menumbuhkan sikap kesadaran diri penggunaan media social dalam jiwa masyarakat, ajak anak-anak bermain di luar rumah bersama teman-temannya dengan mengenalkan anak-anak pada alam sekitar, ajak anak-anak berbagi kebaikan kepada orang yang membutuhkan.

Media social sebenarnya banyak dampak positifnya jika masyarakat menggunakannnya dengan bijak dan tidak menyalahi aturan-aturannya, jika kita menggunakannya sesuai porsinya maka kita dapat manfaat dari media social itu sendiri

Sebagai mahasiswi yang juga menggunakan media social saya menyarankan agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media social. Gunakanlah media social untuk hal-hal yang positif. Hindari ataupun jauhkan postingan-postingan yang mengandung kekerasan ataupun negative untuk anak-anak.Pesan saya bijaklah dalam berkata, mengunggah, menyebarluaskan apapun dalam media social.

Indah Rahayu
Follow me
Latest posts by Indah Rahayu (see all)
Indah Rahayu

Indah Rahayu

Nama : Indah Rahayu TTL : Bandung, 21 Mei 1999 SD : SDN Cikembulan 2 SMP : SMPN 1 Kadungora SMA : SMAN 2 Garut