Manfaat Buah Pisang


20210112_173821_0000.png

Read 261 

Hello sobat semuanya

Aku datang membawa segudang info nih!!
Wahhh info apa yaa kira-kira yang dibawanya??
Penasaran? Yuk simak!!

Manfaat pisang!
Yahh, betul disini aku bawa info mengenai Manfaat Pisang. Nah selain banyak manfaatnya juga, pisang bisa dijadikan untuk program diet lohh. Wow siap nih pejuang kurus? Tetep simak yah yang bukan pejuang kurus juga, let’s go!

Nutrisi dalam pisang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, pisang ini mengandung karbohidrat, serat, beberapa nutrisi penting dan antioksidan. Di sisi lain, pisang rendah lemak dan protein juga serta mengandung sejumlah senyawa tanaman bermanfaat dan antioksidan, termasuk dopamin dan katekin.

Pisang Tinggi Serat, Tapi Rendah Kalori ???
Serat penting untuk menjaga kebiasaan buang air besar secara teratur, dan memainkan peran penting dalam kesehatan pencernaan. Mengonsumsi serat dalam jumlah tinggi bahkan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, penyakit divertikular, dan beberapa jenis kanker. Asupan serat yang memadai juga dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Lihat ke gambar yuk, itu ada beberapa warna pisang. Tau ga? Dari sekian warna itu juga ternyata beda-beda loh khasiatnya. Tetap simak yaa!!

Jenis karbohidrat dalam pisang tergantung pada seberapa matangnya. Buah pisang juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan karena kandungan seratnya. Oke sekarang kita kenali khasiat dari jenis warna kulitnya yah
1. Hijau agak mentah dan menuju kuning
Pisang muda atau pisang berwarna seperti ini mengandung pati tinggi resisten, yang mana bertindak seperti serat larut dalam tubuh dan memilik banyak manfaat kesehatan potensial. Nah ini juga membuat rasa kenyang lebih lama yang berarti kamu akan makan lebih sedikit sehingga mengurangi kemungkinan makan terlalu banyak cemilan yang tidak sehat.

2. Kuning
Warna kuning pada pisang menunjukkan buahnya telah matang dengan sempurna. Kandungan gula dalam pisang berwarna kuning cukup tinggi tetapi akan lebih mudah dicerna. Dengan ini, sistem pencernaan mampu menyerap nutrisi lebih cepat.
Kandungan antioksidan yang ada dalam pisang berwarna kuning salah satunya dopamin yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya.

3. Kuning dengan bintik cokelat
Pisang yang memiliki bintik di kulitnya agak lebih tua tetapi masih mengandung banyak antioksidan. Saat pisang sudah melewati tahap matang, kandungan antioksidan dan gula juga makin banyak. Namun, pisang seperti ini juga mengandung zat yang membantu sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah kanker. Tumor Necrosis Factor (TNF), yang berfungsi untuk menghancurkan tumor, terkait dengan titik-titik cokelat tersebut.

4. Cokelat
Saat pisang sudah berwarna cokelat dan lunak, kebanyakan orang merasa manfaat pisang sudah tidak ada lagi. Meski kandungan gulanya sangat tinggi, pisang jenis ini mengandung tryptophan yang membantu mengurangi stres dan kecemasan juga kaya nutrisi yang secara khusus meningkatkan kesehatan otot dan tulang.

Wah setelah kita mengenali jenis warna kulit dan khasiatnya, kita lanjut mengenai diet. Emang bisa yah diet dengan pisang? Simak terus informasinya!!

Alasan pisang baik untuk diet karena pisang memiliki gula alami, bukan gula buatan dan olahan pabrik yang buruk untuk tubuh. Ditambah lagi kandungan nutrisi lain seperti kalium, serat, vitamin C dan B serta antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi dalam pisang menjadikannya buah yang cocok dimasukkan dalam menu diet. Menurut Ahli Gizi Beth Warren, R.D.N., dalam Women’s Health, dikatakan bahwa serat dalam buah pisang dapat membantu menurunkan berat badan.

Jadi mana nih yang cocok buat diet ???
Yaps betul, pisang yang belum benar-benar matang cocok untuk kamu yang diet, karena pisang tidak terlalu banyak mengandung gula, namun juga tetap kaya serat dan nutrisinya seimbang. Selain itu, cocok juga buat penderita diabetes karena kandungan gulanya lebih sedikit dibanding yang sudah sangat matang dan warna kulitnya kuning.

Sebagai penutup nih yaa. Jadi, jika kamu beli pisang, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh ya. Karena ternyata beda warna kulit dan tingkat kematangannya, berbeda pula kandungan dan manfaatnya untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat, see you!!

Temukan aku disini yaah
Ig : irmajuli_
Fb : Irma Julianti
Line : ehimaaa

Latest posts by Irma Julianti (see all)

Irma Julianti

Membaca