Love Your Self


20191214_220339_0000.jpg

Read 86 

Pernah gak sih kita tiba-tiba melihat kekurangan kita? Terkadang setelah melihat kekurangan kita menjadi insecure dan tidak bersyukur dengan apa yang kita miliki atau ketika kita bercermin dan kita merasa ada yang kirang dalam diri kita mengenai fisik kita yang tidak sesuai dengan standar kecantikan atau ketampanan di masyarakat.

Banyak orang yang merasa dirinya adalah orang yang paling tidak beruntung di dunia ini. Ia merasa paling gagal, ia merasa paling jelek atau bahkan merasa paling miskin di dunia ini. Padahal kita memiliki kelebihan yang luar biasa dan jauh lebih banyak kelebihan yang kita miliki dibandingkan kekurangan kita, tidak ada orang yang gagal dalam hidup ini, semua orang sukses dengan jalannya masing-masing dan hidup adalah proses, selama kamu hidup selama itu juga kamu berjalan, ketika tujuan atau pencapaianmu belum tercapai kamu bukan orang yang gagal, kamu masih bisa mencobanya.

Ingat Thomas Alva Edison? Thomas Alva Edison melakukan percobaan membuat lampu, ia mengalami ke gagalan hingga 999 kali, dan pada percobaan yang ke 1000 ia baru berhasil menciptakan bola lampu. Jadi kamu bukan orang yang gagal, kamu beruntung dan ucapkanlah terimakasih kepada Tuhan dan kepada dirimu sendiri karena sudah bertahan sampai sekarang.

Jika kamu merasa kamu adalah orang yang tidak beruntung dalam hal fisik, orang lain lebih tinggi darimu, warna kulitnya lebih terang darimu, badannya lebih kecil dari mu, hidungnya lebih mancung darimu. Jika hal tersebut membuatmu merasa down, katakana pada semua orang taka da standar kecantikan, cantic tidak harus berbadan kurus dan tinggi, cantik tidak harus mancung dan cantik tidak harus putih.

Tidak ada standar kecantikan di dunia ini, tidak ada. Kamu cantik, katakan kamu cantik. Begitupun dengan ketampanan, kamu adalah pria yang tampan.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat mencintai diri kita sendiri? Menurut IDN Times, ada 8 cara sederhana mencintai diri sendiri, diantaranya:

1. Jangan terlalu menuruti omongan orang lain

Jangan terlalu mengambil pusing omongan orang lain, jika ia memeiliki standar terhadapmu, hiraukanlah atau jadikan itu sebagai motivasi untuk kamu tumbuh dan berkembang sesuai jalan yang kamu pilih. Tapi jangan memaksakan dirimu untuk berubah menjadi yang orang lain inginkan. Bukan berarti kamu harus stuck dengan apa yang kamu miliki ya, kamu boleh melakukan sesuatu yang dapat merubah hidupmu secara psikologis agar kamu bahagia untuk kamu sendiri. Bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki tatpi tetap melakukan yang terbaik karena dirimu sendiri, bukan orang lain.

2. Jauhi mereka yang selalu berusaha merendahkanmu

Jika banyak yang merendahkanmu, kamu tak perlu membalasnya. Katakan pada dirimu, kalau kamu berharga dan kamu melakukan apa yang kamu inginkan sebisamu, jika tidak ada yang menghargai dirimu, hargailah oleh dirimu sendiri, mungkin memberikan reward untuk dirimu sendiri akan membuatmu lebih semangat dalam melakukan sesuatu. Say to your self that you are precious more than anything.

3. Maafkan kesalahanmu dimasa lalu

“Tak ada manusia yang sempurna” begitu kata pepatah. Setiap orang mungkin juga pernah melakukan kesalah, kita hanya tidak tau kesalahan apa yang pernah dilakukannya dimasa lalu. Nah, karena tak mungkin ada manusia biasa seperti kita yang tak luput dengan kesalahan terlebih kesalahan itu membuatmu menyesalinya sampai seumur hidup. Kuncinya maafkan kesalahanmu, jadikan itu sebagai pelajaran dan mencobalah lebih baik agar kamu tidak mengulang kesalahan yang sama.

4. Ciptakan perubahan dalam hidupmu

Bukan berarti semua yang ingin kamu lakukan harus membuatmu bahagia, kamu juga harus melakukan inovasi agar aku mendapatkan progres yang mampu membuatmu menjadi sesuatu yang lebih baik.

5. Beri dirimu kesempatan untuk mencoba ide baru

Buatlah innovasi yang tetap membuatmu nyaman dalam kehidupan. Misal, kamu biasa nyaman dengan mebermain di wahana bermain untuk menghilangkan rasa stress mu, atau makan yang banyak dan manis agar mood mu kembali lagi. Mungkin kamu harus menguranginya sedikit demi sedikit agar rasa stress mu dapat teralihkan dengan yang jauh lebih bermanfaat.

6. Dengarkan intuisimu dan jujurlah dengan diri sendiri

Ikuti kata hatimu, karena bisikan hati yang terdalam tak akan menjerumuskanmu. Mintalah petunjuk kepada Tuhan agar kamu selalu dilindungi dari sesuatu yang jahat.

7. Percayalah pada kemampuanmu

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Raihlah cita-cita mu setinggi langit, perjuangkan apa yang kamu inginkan, dan jangan lupa untuk tetap berdoa kepada yang Maha Kuasa agar kamu dapat menjalaninya.

8. Jalani hidupmu dengan semestinya

Salah satu hal terindah dan yang paling berharga adalah Tuhan memberikanmu kesempatan, kesempatan untuk bernafas dengan menjalani hidupmu sebagaimana mestinya, kamu berhak makan dan minum apa yang kamu suka dan baik untuk tubuhmu, kamu berhak untuk mempelajari apa yang kamu sukai, kamu berhak untuk membuat hidupmu bahagia.

Sebelum kamu mencintai orang lain, cintailah dirimu sendiri. Lakukan yang terbaik semampumu, yakinlah bahwa kita semua mampu melakukan apapun yang kita cita-citakan, berdo’alah karena Tuhan pasti mendengar apa yang kita dengarkan. Semoga tulisan ini mampu membuat kita sama-sama bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini. Salam cinta dari ku, satu lagi “Kamu berharga”.

Qonita Nurfaizah
Latest posts by Qonita Nurfaizah (see all)