LAKUKAN HAL INI JIKA INGIN MENCAPAI SUKSES


Read 97 

Pernah ga kalian ingin mencapai sesuatu, tapi merasa itu adalah hal yang sulit. Lalu ketika mencoba untuk meraihnya, kalian belum juga berhasil? Nah, jika pernah demikian, kira-kira itu karena apa ya?

Jika belum juga berhasil mendapatkan jawaban dan solusinya, mari baca artikel ini hingga selesai…

Alasan kegagalan itu bisa macam-macam. Bisa jadi karena ikhtiar kamu kurang, keyakinan yang tidak dipupuk dengan baik, atau karena doanya yang tidak kuat.

Lantas, kalau memang begitu, apa aja sii yang bisa kita lakukan?

Pernah mendengar rumus BE x DO = HAVE?

Kalau sudah, kalian bisa melakukan hal itu sebagai salah satu upaya mewujudkan segala cita. Kalau yang belum tau, oke mari kita belajar disini bersama.

BE disini, diartikan sebagai ‘karakter’. “Karakter apa yang akan kita bentuk untuk diri kita yang ingin mencapai sukses?”.

Dari sini, kalian bisa menentukan karakter apa yang akan kalian bentuk. Apakah menjadi rajin, bersabar, tidak mengenal Lelah, atau apa? Karakter ini berbicara mengenai sifat. Biasanya dicontoh dari karakter orang-orang yang lebih dulu telah mencapai sukses dibanding kita. Misal, kita melihat rekan kita satu kelas yang selalu berhasil ada diposisi peringkat pertama dalam hal akademik. Kita lihat, kira-kira dia itu orangnya seperti apa. Apakah karena rajin belajar, berani bertanya jika ada hal yang tidak dimengerti, atau lainnya. Nah, karakter-karakter itulah yang bisa kita contoh, lalu kita bentuk diri kita agar memiliki karakter demikian.

DO adalah ‘action’ atau kegiatan. “Kegiatan apa yang harus kita lakukan agar dapat mencapai sesuatu hal yang diinginkan”. Kalau ini, kalian mencoba berusaha untuk melakukan ikhtiar sebagai upaya agar bisa mencapai suatu hal. Contoh, kalian ingin membeli handphone. Kira-kira ikhtiar apa yang bisa dipilih? Yaps! Menabung. Menabung sisa uang jajan yang diberikan orangtua. Ingat ya, pilih DO harus yang konkrit.

HAVE adalah hasil yang ingin kalian capai. Disini kalian bisa menuliskan berbagai hal yang ingin kalian capai. Harus dicatat ya! Agar setiap waktu, kalian bisa membacanya dan terus memperjuangkan tujuan kalian.

Ketiga hal itu, adalah rangkaian yang saling berkaitan. Jadi, tentukan dulu HAVE yang ingin kaliah raih, lalu pilih BE dan DO yang sesuai dengan tujuan kalian.

Contoh:

BE DO HAVE
–  Rajin

–  Pantang Menyerah

–  Banyak Berdoa

–  Sabar

–  Ulet

–  Fokus

–  Rajin Belajar

–  Mencari Informasi Mengenai Perguruan Tinggi yang diinginkan

–  Memperbanyak shalat malam

–  Minta doa orangtua

– Lulus UN dengan nilai rata-rata 8

–  Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Isma dwia
Follow Me
Latest posts by Isma dwia (see all)
Isma dwia

Isma dwia

BMS Consultant Saya Isma, lahir di Bandung 19 Agustus 1996.