Laki-Laki Juga Berhak Untuk Menangis


inbound1031734110321885462.png

Read 60 

Hai hai hallo teman-teman apakabar? Aku doakan kalian sehat selalu yaaa!:)
Tulisan ini aku buat, karena sering mendengar pertanyaan terkait laki-laki seperti “Apakah mereka boleh menangis? Apakah aneh jika seorang laki-laki menangis?” Dan lain sebagainya.

Sebenarnya banyak laki-laki yang dididik oleh orangtuanya untuk tumbuh menjadi anak laki-laki yang kuat. Bahkan ada orang tua yang memberhentikan anak cowoknya yang sedang menangis dengan kata-kata “cowo kok nangis, jangan nangis yaa jadi anak cowo tuh harus kuat” dan lain sebagainya. Nah, selain orang tua, teman juga sering mengolok-olokan teman laki-lakinya yang sering menangis seperti “dasar cengeng, lemah banget sih, dasar payah”. Karena kata-kata tersebut, banyak laki-laki yang terbiasa untuk memendam perasaannya sendiri. Terutama perasaan sedih atau sedang memiliki masalah. Padahal nyatanya, memendam perasaan negatif seperti itu tidak baik loh temen-temen. Perasaan yang tidak diproses dengan baik, tidak diungkapkan dan malah dipendam sendiri dapat menyebabkan penyakit mental, depresi misalnya.

Kamu laki-laki jika ingin menangis, menangislah. Jika ingin mengungkapkan perasaan sedih, kecewa, dan ingin berkeluh-kesah ungkapkan lah. Karena melakukan hal-hal tersebut tidak hanya untuk perempuan tapi kalian para lelaki juga boleh melakukannya. Sedih dan menangis tidak diputuskan oleh gender. Kamu manusia, kita manusia. Sudah sewajarnya kita menangis karena menangis merupakan sebuah ungkapan perasaan. Ketika kita bayi misalnya, kita mengungkapkan perasaan dengan cara menangis dan hal tersebut menjadi tanda dan sinyal kepada ibu kita dan pada akhirnya ibu kita memahami maksud tangisan kita. Nah, seringkali dengan menangis perasaan kita juga jauh lebih baik. Maka dari itu aku sebagai perempuan ingin bilang kepada kalian laki-laki bahwa Tidak masalah jika kamu merasa sedih dan ingin menangis. Jadi laki-laki memang dituntut harus kuat, namun bukan berarti kamu mengesampingkan perasaanmu sendiri. Kamu tidak harus memendam dan menahan semuanya. Kamu tidak harus selalu kuat. Jika kamu ingin menangis menangislah. Jika kamu ingin berkeluh kesah lakukanlah. Ingat yaa “kuat” itu bukan berarti kamu tidak boleh “sedih” dan “menangis”. Apapun yang sedang kamu alami sekarang, semangatt yaaa. Karena semua akan berlalu dan kamu pasti bisa melaluinya!:)

Irena Marliyah Febriyanti
Latest posts by Irena Marliyah Febriyanti (see all)
Irena Marliyah Febriyanti

Irena Marliyah Febriyanti

Hallo perkenalkan nama aku Irena Marliyah Febriyanti. Kalian bisa panggil aku Iren/Rene/Irene. Aku adalah anak ke 2 dari 3 bersaudara. Aku lahir di kota angin (Majalengka) pada tanggal 03 Februari 2000. Saat ini aku sedang menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.