Kontrol Diri & Kecendrungan Perilaku Kenakalan Remaja


WhatsApp-Image-2020-01-01-at-10.47.51-PM.jpeg

Read 772 

Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris apakah terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan pada remaja. Subjek penelitian iniberjumlah 265 remaja dengan rentang usia 14-19 tahun yang bersekolah di SMK X Kediri. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa skala psikologi. Alat ukur variabel kontrol diriterdiri dari 36 butir yang diadaptasi dari Self Control Scale milik Tangney dkk, (2004) dan alatukur kecenderungan perilaku kenakalan remaja terdiri dari 31 butir yang disusun sendiri olehpeneliti.

Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dengan bantuanprogram statistic SPSS versi 16 for windows.Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilaikorelasi antara variabel kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja sebesar -0,318 dengan p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif yangsignifikan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja.

Perilaku kenakalan remaja mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut nampak dari fakta yang di lansir oleh komisi nasional perlindungan anak (komnas PA),yakni perilaku kriminal dari kalangan remaja dan anak anak mengalami peningkatan.

Berdasarkan data yang ada,terhitung sejak januari hingga oktober 2009, meningkat 35% dibandingkan tahun sebelumnya. Pelakunya rata rata berusia 13 hingga 17 tahun.

Menurut Santrock (2003),kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat di terima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.

METODE PENILITIAN
Variable pada penelitian ini adalah kontrol diri dan kecendrungan perilaku kenakalan pada remaja. Kontrol diri merupakan kemampuan individu untuk menentukan perilaku nya berdasarkan standar tertentu seperti moral, nilai, dan aturan di masyarakatagar mengarah ke perilaku positif. Sedangkan kecendrungan perilaku kenakalan remaja ialah kecendrungan remaja untuk melakukan tindakan melanggar aturan yang dapat mengakibatkan kerugian dan kerusakan baik terhadap diri nya maupun orang lain.

Penelitian ini dilakukan kepada siswa SMK X Kediri dengan rentang usia 12-22 tahun yang berjumlah 265 orang. Alat pengumpulan variable kontrol diri terdiri dari 36 butir yang di adaptasi dari self control scale milik tagney. Dengan reliabilitas sebesar 0,741. Alat ukur kecendrungan perilaku kenakalan remaja terdiri dari 31 butir yang di susun oleh peneliti dengan reliabilitas sebesar 0,875. Taraf signifikasikan yang di gunakan dalam penelitian ini sebesar 5%atau dengan nilai probabilitas 0,05.

Hasil Penelitian
Berdasaran hasil analisis data, diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,318, dengan signifikasi sebesar 0,000, signifikasi p=0,000<0,05 angka tersebut berarti hipotesis nol (Ho)di tolak dan hipotesis penelitian ini (Ha) diterima.

Follow me
Latest posts by Daffa Naufal Al Asqary (see all)

Daffa Naufal Al Asqary

penikmat olahraga