Kesehatan mental untuk remaja


inbound3599363629183156428.jpg

Read 180 

Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan dimana kita hidup. Penyesuaian diri itu berhubungan dengan interaksi, Jika kita terus lakukan akan berpengaruh pada diri kita. Penyesuaian diri dengan diri sendiri yaitu dengan berinteraksi atau berbicara kepada diri kita. Contoh : siapa diri kita, apa keinginan kita dan lainnya. Penyesuaian diri dengan orang lain yaitu dengan berkomunikasi, berteman, berbisnis dan lainnya. contoh : ngobrol, diskusi, sharing.

Penyesuaian dengan lingkungan yaitu dengan bersosial, contoh ikut kegiatan gotong royong, membersihkan masjid, dan lainnya.
Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.
Penyebab kesehatan mental:
• Cedera kepala.
• Faktor genetik atau terdapat riwayat pengidap gangguan mental dalam keluarga.
• Kekerasan dalam rumah tangga atau pelecehan lainnya.
• Kekerasan pada anak atau riwayat kekerasan pada masa kanak-kanak.
• Mengalami kehilangan atau kematian seseorang yang sangat dekat.
• Pengaruh alkohol, atau obat-obatan yang dapat merusak otak.
• Stress berat yang dialami dalam waktu yang lama.
• Terisolasi secara sosial atau merasa kesepian.
• Tinggal di lingkungan perumahan yang buruk.
• Trauma, seperti pertempuran militer, kecelakaan serius, atau kejahatan dan yang pernah dialami.
Tips menjaga kesehatan mental :
• Katakan Hal Positif pada Diri Sendiri.
• Tuliskan Hal-Hal yang Patut Disyukuri.
• Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu.
• Olahraga.
• Makanlah Makanan yang Enak.
• Terbukalah pada Seseorang
• Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain
• Istirahat
• Tidur Tepat Waktu

Jadi mulai sekarang, kita memiliki berbagai cara langkah-langkah positif dan sederhana untuk menjaga kesehatan mental. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan diatas tidaklah sulit dilakukan, hanya memerlukan menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan dalam menerapkannya supaya mendapatkan manfaat jangka panjang.

Latest posts by Hanifah Dwi Yuniarti (see all)

Hanifah Dwi Yuniarti

Saya Hanifah Dwi Yuniarti, anak ke 2 dari 3 bersaudara. Saya merupakan mahasiswa bimbingan konseling Islam di UIN Sunan Gunung Djati Bandung