Kesehatan Mental Bagi Remaja?


images.jpg

Read 76 

Sebagai remaja masa kini yang ngakunya gaul abis, kita pasti sadar kalau kesehatan mental memegang peranan penting dalam kita. Remaja merupakan fase peralihan dari anak menuju dewasa sehingga terjadi banyak perubahan. Mulai dari perubahan secara fisik, hormonal, kognitif atau kecerdasan, emosi dan perilaku. Dengan proses masa transisi tersebut, remaja biasanya dinilai sebagai kelompok usia sehat. Namun ternyata, kurang lebih 20% remaja mengalami masalah kesehatan mental. Jenis masalah kesehatan mental yang umum terjadi adalah depresi dan kecemasan. WHO menyatakan bahwa 75% gangguan mental emosional memang umum terjadi sebelum usia 24 tahun. Dalam berbagai kasus, bunuh diri merupakan akibat dari permasalahan kesehatan remaja. Jadi, masihkah kamu menganggap kesehatan mental remaja tidak penting?

* Remaja dan kesehatan mental

Kira-kira 1 dari 5 remaja di dunia telah menerima diagnosis masalah kesehatan mental. Namun hanya setengah diantaranya yang mendapatkan bantuan. Ada beberapa tanda jika remaja memiliki masalah dengan kesehatan mental, antara lain:

1. Perubahan mood yang sangat cepat
2. Menarik diri dari sosial
3. Penurunan nilai akademik
4. Perubahan intensitas makan
5. Perubahan durasi tidur
6. Kehilangan minat
7. Tidak berenergi
8. Marah

Faktanya 1 dari 20 remaja mengalami depresi dengan proporsi remaja perempuan 3 kali lipat lebih besar dibanding remaja laki-laki.
Depresi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti masalah relasi dengan orang lain, terlibat dengan orang yang ingin bunuh diri, kematian anggota keluarga dan teman dekat, pernah mengalami kekerasan, sakit fisik, melihat perilaku atau pernah mengalami bullying. Pada remaja putri, depresi dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan perubahan hormon setelah remaja mengalami menstruasi.

Gangguan kecemasan dan depresi yang dialami remaja tanpa pertolongan cenderung mengarah pada rasa putus asa karena merasa tidak ada pengertian dari lingkungan sekitar mereka, seperti teman sebaya, orangtua, juga pasangan. Keputusasaan ini dapat mengarah ke arah bunuh diri, lho Dear! Tentu kita tidak mau hal ini terjadi pada siapapun, kan?

Setelah melihat presentase di atas, yuk lebih peka dengan kesehatan kita masing-masing. Baik secara mental maupun secara fisik.

Aulia Rahmi S
Follow me
Latest posts by Aulia Rahmi S (see all)
Aulia Rahmi S

Aulia Rahmi S

Di produksi diatas bantalan empuk surgawi dan dibesarkan dengan kasih sayang kedua orang tua tetapi masih piomongeun wae tetangga