Kenali Diri di saat Masa Remaja


Sintaaaa.jpeg

Read 93 

Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang sempurna. Manusia diberi oleh Allah berupa pendengaran, penglihatan dan juga hati. Manusia pasti melewati pertumbuhan dan perkembangan dalam menjalani kehidupan, baik saat sebelum lahir maupun setelah lahir ke dunia. Dalam menjalani kehidupan setelah kelahiran manusia melewati fase-fase pertumbuhan dan perkembangan yang dialami, yaitu masa balita, masa anak-anak, masa remaja, masa dewasa, dan masa lanjut usia. Manusia mengalami masa peralihan dari anak-anak menuju ke dewasa yang disebut masa remaja.

Yuk kita bahas apa saja yang ada pada masa remaja itu?
Menurut Dzakiah Darajat remaja itu sebagai anak yang berada dalam masa peralihan dari masa anak-anak menuju usia dewasa. Nah dalam masa ini banyak terjadi percepatan perubahan, baik perubahan fisik dan perubahan psikis. Dilihat dari perubahan fisik, masa remaja ini fisiknya mirip seperti orang dewasa tetapi alam pikiran, ucapan dan tindakannya masih seperti anak-anak yang perlu mendapatkan bimbingan dan arahan. Masa remaja ini ada pada usia 13-24 tahun. Biasanya pada masa remaja ini sering terjadi kesalah pahaman antara orang tua dan anaknya. Kebanyakan orang tua belum paham betul mengenai masa remaja ini, mereka selalu menyamakan remaja dengan dewasa dari segi pikiran, ucapan, dan tindakan yang dilakukannya. Padahal, pikiran, ucapan, dan tindakan yang dimiliki pada masa remaja itu masih seperti anak-anak tapi belajar untuk menuju dewasa. Masa remaja ini perlu adanya bimbingan dan arahan dari para orang tua.

Masa remaja itu merupakan puncak kecerdasan, dedikasi, dan kekuatan. Makanya, di masa remaja ini harus mempunyai kemauan dan kemampuan untuk menghadapi kehidupan yang akan darang. Di usia remaja merupakan usia yang paling tepat untuk menuntut ilmu pengetahuan, dan mempunyai pengalaman-pengalaman baru.

Pada masa ini seorang anak cenderung lebih emosional. Perasaan yang dialami pada masa ini, seperti kebingungan, sedih, bahkan merasa bahagia yang berlebihan. Masa remaja mulai mengenal indahnya cinta. Namun, masih banyak remaja yang salah memahami dan memaknai cinta. Di usia remaja mulai tumbuh perasaan terhadap lawan jenis, seperti rasa suka, sayang, dan cinta terhadap lawan jenis. Perasaan yang seperti itu boleh dilakukan, tapi jangan sampai dengan cara yang salah. Di zaman sekarang,banyak sekali remaja yang terjerumus ke hal-hal yang negatif dikarenakan perasaan terhadap lawan jenis tersbut. Seperti, remaja wanita yang hamil di luar nikah akibat berpacaran, wanita yang diperkosa, dan lain sebaginya. Jika remaja telah melakukan perbuatan keji seperti itu, maka masa depan yang sudah diimpi-impikan akan menjadi suram. Maka, di usia remaja jika kita mempunyai rasa suka dan cinta terhadap lawan jenis maka harus disertai dengan iman dan takwa, dan memilih teman yang baik dalam bergaul, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa saja yang harus dilakukan ketika menginjak usia remaja agar menjadi remaja yang berkualitas?
1. Sadari dan yakini bahwa kita sedang ada di usia remaja, di usia ini sangat terbuka jalan lebar untuk menuju kesuksesan.
2. Buat rencana di usia remaja, agar kedepannya siap dengan menjalani kehidupan di masa dewasa dan seterusnya.
3. Jika sudah memiliki rasa jatuh cinta, jangan sampai salah mengekspresikannya dan tetap mengkontrol perasaan itu, harus bisa menjaga diri jangan sampai terlena dan terpedaya atas perasaan itu.
4. Sering-seringlah berkomunikasi dengan orang tua agar diberikan saran dan nasihat. Karena masa depan itu ditentukan dari mulai saat remaja.

Sinta Nurul Aini
Follow me
Latest posts by Sinta Nurul Aini (see all)
Sinta Nurul Aini

Sinta Nurul Aini

Sinta Nurul Aini