Kenakalan Remaja


inbound2061703936548846436.jpg

Read 51 

Miris melihat remaja-remaja atas apa yang mereka lakukan dan itu membuat saya sedih. Walaupun pada dasarnya usia remaja merupakan masa seorang mengalami suatu perkembangan yang mendorong dirinya untuk mengetahui banyak hal. Akan tetapi, masalah pun dapat timbul seiring dengan adanya keingintahuan yang diluar batas. Hal ini dinamakan Kenakalan Remaja.

Kenakalan remaja sering diartikan sebagai suatu perbuatan yang melanggar norma aturan atau hukum dalam masyarakat. Seperti halnya remaja yang menggnuakan obat-obatan terlarang (narkoba), tawuran, pencurian, balapan liar dan lain sebagainya. Namun salah satu kenakalan remaja yang akan saya singgung ialah mengenai obat-obatan terlarang yaitu narkoba. Dengan seiring perkembangan zaman yang kian canggih dan pengaruh budaya dari luar yang sekarang sedang merambah ke Indonesia tepatnya dikalangan remaja yakni narkoba. Narkoba merupakan obat-obat terlarang yang sebenarnya bertujuan untuk membius pasien namun disalahgunakan yang dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan itu merupakan suatu kesalahan yang besar. Terlebih narkoba digunakan oleh kalangan remaja.

Korban narkoba pada kalangan remaja cukup banyak khususnya para pelajar dan mahasiswa. Menurut saya hal ini terjadi karena dari rasa keingintahuan yang diluar batas dengan kurangnya pengawasan dari orangtua serta kurangnya pendidikkan agama dan moral yang diberikan. Selain itu faktor lingkungan lainnya yang mengakibatkan remaja menyalahgunakan obat-obat tersebut. Dimana efek samping dari narkoba yang saya ketahui sangatlah banyak terutama pada diri pribadinya sendiri, yakni orang menggunakan narkoba akan mengalami kerusakan baik dari segi psikinya dan akan berdampak pada ketidakharmonisan keluarga terlebih akan membuat sang pemakai kehilangan konsentrasi dalam dirinya sehingga ia tidak disiplin serta akan kehilangan daya kreatifitasnya.

Oleh karna itu, baiknya kita sebagai remaja jangan sesekali untuk mencoba narkoba bahkan seharusnya jangan sampai terlibat dalam masalah kenakalan remaja. Karena remaja merupakan penerus bangsa yang diharapkan akan menjadi anak-anak yang berkualitas. Maka dari itu marilah kita menahan diri dari setiap godaan-godaan dan marilah kita jauhi, perangi narkoba demi diri kita sendiri, keluarga, agama dan negara.

Chania Al Muzayanah
Latest posts by Chania Al Muzayanah (see all)
Chania Al Muzayanah

Chania Al Muzayanah

Nama saya Chania Al Muzayanah bisa di sapa neng, lahir di Subang, 30 April 2000 dan sekarang berdomisili di Bandung. Saya seorang mahasiswi jurusan Bimbingan Konseling Islam di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Saya terlahir dari seorang keluarga yang sederhana, anak kedua dari tiga bersaudara. Saya memiliki keinginan menjdi seorang penari dan guru.