KECANDUAN INTERNET, COBAIN TIPS MINDFULL SCROLLING


Read 63 

Kamu suka terjebak di media sosial berjam-jam dan suka penasaran jika ada notif di hp kamu. Atau ga ada notif pun masih penasaran aja ingin lihat HP. Jangan-jangan kamu udah kecanduan internet. Ada banyak tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan itu sendiri. Salah satunya dengan cara mindful Scrolling. Simak dia step by stepnya

Perhatikan postingan apa yang dilihat, Berapa lama waktu yang dihabiskan

Terkadang kita menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya berjam-jam. Itu dilakukan biasanya karena tidak memiliki kegiatan yang lebih baik dari hanya sekedar lihat postingan-postingan sampah yang menghabiskan memory jangka pendekmu. Sehingga kamu biasanya sering banyak lupa.

Bagaimana emosi yang muncul saat kamu scrolling?

Penginderakan kamu berhak mendapatkan objek-objek jika dilihat itu membuat kamu lebih bahagia. Bukan malah kebalikannya semakin jauh scrolling semakin emosi jiwa. Kamu berhak bahagia.

Tentukan tujuanmu sebelum berselancar di internet

Internet itu butuh kuota atau minimal wifi gratisan. Jika kamu terus-terusan  di depan internet tanpa tau tujuan kamu pakai. Sama dengan kamu akan berlama-lama berselancarnya dan itu bisa menguras isi dompetmu. Contoh nih, kalau tujuannya ngirim email tugas itu paling butuh waktu paling lama 5 menit. Browsing bahan makalah kalau sudah punya tujuan paling lama 1 jam. Dengan menentukan tujuan sebelum berinternet ria. Kamu akan jauh lebih efektif hidupnya.

Berhenti sejenak sebelum memposting sesuatu atau berkomentar, pastikan dulu itu hal yang positif!

Dulu ada pepatah mulutmu harimaumu, kalau zaman now jari dan jempolmu harimaumu. Salah-salah berkomentar atau posting bisa terjerak undang-undang ITE.

Yuk bijak dalam berselancar di internet, biar kamu lebih sehat, cerdas, ceria.

infiniteens.id
Follow Us
infiniteens.id

infiniteens.id

Youth Digital Literacy