Insecure? Big noooo!


inbound7633244121497399397.png

Read 101 

Annyeonghaseyo yeorobun!
Akhir-akhir ini topik tentang insecure serasa gak ada habisnya ya? Bener ga sih guys? Kalian sering ngerasa insecure juga ga sih? Atau justru kalian adalah orang-orang yang jarang ngerasa insecure? Di tulisanku kali ini, aku pengen berbagi sedikit tips kekita aku lagi ngerasa insecure.
First, mari kita bahas terlebih dahulu apasih insecure itu? Insecure adalah perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa cemas, takut, dan tidak percaya diri. Insecure itu ga boleh dibiarin lho guys, insecure berlebihan dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan seseorang. Insecure adalah hal yang normal terjadi. Tetapi merasa insecure terhadap diri sendiri sepanjang waktu secara berlebihan dapat mempengaruhi setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari kesehatan fisik, emosional, hingga pekerjaan. Jadi jauh-jauhin insecure deh guys, ga baik buat hidup kita.

Nah terus apa sih penyebab insecure itu sendiri? Sebenernya gak ada yang pasti mengenai apa penyebab insecure itu guys, karena pada dasarnya penyebab insecure itu pasti berbeda-beda pada setiap orang. Tapi yang pasti ada banyak faktor yang dapat mengarahkan pada kondisi ini, diantaranya yaitu takut akan kegagalan dan penolakan, kurang percaya diri karena kecemasan sosial, pola asuh yang kurang tepat, dan korban bullying. Selain itu ketidakpastian atau gangguan dalam kehidupan sehari-hari bisa menimbulkan kecemasan dan rasa insecure juga guys. Biasanya, orang yang sering merasa insecure juga memiliki kepercayaan diri yang rendah, punya masalah terhadap tubuhnya, hidup yang tidak terarah, atau merasa diabaikan oleh orang lain.

Tuh kan guys insecure tu banyak banget efek negatif nya buat hidup kita.
Terus gimana dong biar kita ga merasa insecure?
Nah aku mau share tips ala aku pas aku lagi ngerasa insecure guys. Yang pertama, aku akan menumbuhkan kembali rasa syukurku, yang mungkin kemarin-kemarin tiba-tiba ilang yang jadi penyebab aku ngerasa insecure, setelah itu aku akan kembali merasa jadi manusia yang beruntung guys, karena terlahir dengan sehat, mempunyai keluarga yang sayang sama aku, punya banyak temen, dannnn banyak hal lain yang bikin aku merasa bersyukur karena sudah terlahir menjadi seorang aku.

Selain itu aku juga sering berbicara positif pada diri sendiri, misalnya ketika aku ngerasa insecure karena membandingkan diri sama temenku yang udah sukses, aku selalu bilang gini sama diri aku, “Kamu pasti bisa kok berhasil kayak temen-temen kamu, gapapa kalo kamu sedikit terlambat dari mereka, kan start kamu sama temenmu juga berbeda, yang harus kamu lakukan fokus pada impian kamu dan berusaha lebih keras untuk menggapainya.” Abis itu dengan ajaibnya aku bisa semangat lagi deh, hihihi

Mungkin itu 2 hal yang bisa menumbuhkan kembali rasa percaya diriku dan menghilangkan rasa insecure itu gengs.
Untuk kamu, jangan biarin rasa insecure itu menjerat kamu sampai kamu gabisa apa-apa yaaa. Justru kamu harus bisa jadikan rasa insecure itu sebagai motivasi jangka panjang untuk mengejar apa yang sebenernya kamu impikan. Kamu harus bisa lebih mencintai diri kamu apa adanya, apapun yang kamu alami itu sudah menjadi bagian dari cerita hidupmu. Kamu hanya harus percaya dan terus menjalani hari.
Semangat selalu ya kamuuu,
Sampai jumpa kembali..

Haifa Fadilah Muhtar
Latest posts by Haifa Fadilah Muhtar (see all)