How To Deal With Strict Parents


WhatsApp-Image-2021-01-07-at-12.31.11-PM.jpeg

Read 102 

Hi Peeps!
Are you guys have a strict parents? so, if you have strict parent, here we are!

Biasanya strict parents itu suka terlalu mengontrol hidup anaknya, nggak punya alesan rasional atas suatu peraturan yang mereka buat dan cenderung nggak menghargai perasaan dan pendapat sang anak. Mereka juga biasanya punya ekspektasi berlebih dan gak make sense buat anaknya, terus ketika ekspektasi itu gak bisa dicapai mereka cenderung merendahkan sang anak dan bahkan membandingkan dengan anak lain. then, pada akhir nya they’re ended become a toxic parents. Every parents want the best for their child, but their way might be wrong. Banyak cara yang lebih baik dalam mendidik anak, apalagi anak usia remaja. Karena terlalu menekan anak bisa juga berpengaruh terhadap kesehatan mental sang anak. Ketika anak merasa tidak nyaman dan tertekan mereka cenderung bisa mengalami stres bahkan depresi dan yang paling parah mungkin rusaknya kesehatan mental sang anak.

So, how to deal with strict parents?
Semua anak pasti pengen banget hidup lebih bahagia, tapi kadang yang merusak kebahagiaan sang anak adalah orangtuanya sendiri dengan sejelimet aturan yang membuat sang anak merasa tertekan dan kurang merasakan kebahagiaan bahkan kehilangan rasa percaya diri dan cenderung menyalahkan diri sendiri atas suatu kegagalan. Jadi ini sedikit tips yang bisa aku share ke kalian gimana cara menghadapi strict parents atau toxic parents.

1. Menetapkan batasan antar diri sendiri dengan orang tua
Menetapkan batasan dengan orang tua memang terasa sulit, terlebih lagi ketika kamu masih tinggal satu atap dengan orang tua dan masih mengandalkan biaya dari orang tua untuk menunjang kehidupanmu. Untuk menetapkan batasan ini kalian harus bisa bersikap tegas dan percaya diri ketika sedang berkomunikasi dengan orang tua tanpa memancing respon yang negative dari orang tua.
Berusahalah mengkomunikasikan dengan orang tua apa yang membuat kamu merasa nggak nyaman atau nggak bahagia. Sesekali juga kamu bisa menolak permintaan orang tua yang kamu rasa tidak sesuai dengan keinginan kamu. Tapi, pastiin kamu bisa kasih mereka alasan yang jelas agar mereka bisa mengerti dan tidak memaksa kamu lagi. Jangan lupa utarakan dengan kata yang baik dan sopan ya!

2. Carilah kesibukan diluar rumah
Cobalah cari kesibukan diluar rumah yang kamu gemari dan pastinya harus positif. Dengan melakukan kegiatan yang disukai akan mengurangi beban fikiran kamu yang membuat kamu stress dan mungkin depresi. Selain itu kalian juga bisa menekuni kegiatan yang disukai dan tertunda. Buatlah orang tuamu bangga atas pencapaian yang kamu lakukan.

3. Jangan memaksa untuk merubah perilaku orang tua
Meskipun apa yang dilakukan oleh orang tua terasa tidak benar dan tidak adil untuk diri kita, jangan pernah memaksakan orang tua kita untuk berubah agar menjadi orang tua yang ideal. Apalagi dalam waktu singkat. Hal ini hanya akan memancing keributan dan masalah baru yang nantinya akan merugikan diri sendiri. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah tetap berfokus pada diri sendiri agar bisa terus mengontrol diri ketika tengah berkomunikasi dan merespon pembicaraan orang tua agar tidak menyinggung perasaan mereka. Terlepas dari seburuk apapun prilaku orang tua, kita sebagai anak senantiasa harus elalu menghormati dan menyayangi orang tua. Mereka tetaplah orang tua yang membesarkan dan merawat kita sejak lahir hingga detik ini.

4. Berkonsultasi kepada ahli
Ketika kalian masih sulit untuk menghadapi masalah dengan orang tua, lebih baik kalian datanglah berkonsultasi atau melakukan konseling dengan ahli, entah itu melakukan konseling dengan konselor atau datang menemui psikolog untuk bisa menemukan titik terang dari permasalahan yang kalian hadapi. Jika memang memungkinkan kalian juga bisa mengajak orang tua untuk berkonsultasi bersama agar bisa membangun komunikasi dan hubungan yang lebih baik antara orang tua dan anak.

Itulah beberapa tips yang bisa aku share untuk kalian yang memiliki strict parents. Semoga informasi yang aku bagikan dapat bermanfaat dan menjadi titik terang atas permasalahan yang kalian hadapi. Ingat. Kalian harus tetap menghormati dan menjaga sopan santun terhadap orang tua. semoga kita semua yang memiliki permasalahan diatas dapat selalu sabar menghadapi segala permasalahan yang dihadapi.
Remember! You are loved! and hope you always be the better person that you ever been! Good luck! Xoxo ❣️

Adila Nur Sumajaya
Latest posts by Adila Nur Sumajaya (see all)
Adila Nur Sumajaya

Adila Nur Sumajaya

Hi Peeps! I'm A'dila Nur Sumanjaya, aku mahasiswi hampir tua di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sebetulnya dulu aku suka banget nulis cerita dan pengen bikin novel tapi suka tibatiba unmood buat lanjutin ceritaku. So, here I'm! kembali belajar menulis tulisan yang tidak sepanjang novel tapi semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi kalian! :)