Hal Kebahagiaan Bagi Remaja


20200103_160251_0000.png

Read 100 

Kebahagiaan adalah suatu perasaan yang diharapkan dan diinginkan oleh setiap orang. Karena kebahagian akan selalu membawa ketentraman kenyamanan dalam hidup seseorang. Dan hal itulah yang remaja juga menginginkannya. Dalam masa remaja kebahagiaan dibagi menjadi tiga macam, yang pertama ada kebahagiaan sesaat, kebahagiaan taraf menengah, dan kebahagiaan taraf yang relatif tetap atau konstan.

Kebahagiaan sesaat adalah kebahagiaan yang didapat dalam kehidupan sehari-hari, dan dalam hal ini kebahagian seseorang bisa jadi bukan suatu kebahagian bagi orang lainnya karena setiap kebahagian yang dirasakan akan berbeda-beda menurut jenis kelamin dan usia, sesuai dengan ketergantungan seseorang pada pengalaman dan hasil belajarnya.

Kebahagian taraf menengah adalah kebahagian yang dirasakan karena rasa penerimaan dan rasa puas terhadap apa yang dimiliki oleh diri. Bagi remaja awal kebahagiaan itu berkaitan dengan keadaan tampang, diterima dan populer di dalam kelompoknya, mendapat teman baru, adanya keberhasilan, dan status sosial ekonomi keluarga. Bagi remaja akhir umumnya sama namun ada beberapa diantaranya yang lebih menonjol seperti rasa kasih sayang terutama dari lawan jenis, penerimaan lingkungan sekitar, serta berperan dan berprestasi dalam perannya.

Dan yang terakhir ada kebahagian taraf yang relatif tetap atau konstan berkaitan dengan keadaan positif yang dicapai dalam untaian pertumbuhan dan perkembangannya, tugas-tugas perkembangannya, kebutuhan-kebutuhannya dan penyesuaian-penyesuaian pribadi yang berhasil dicapainya, seperti pertumbuhan dan perkembangan jasmani yang normal, pertumbuhan kelenjar-kelenjar seks dan perkembangan seksual secara wajar dan dapat dikendalikan, pertumbuhan otak dan perkembangan kemampuan pikir yang normal, pertumbuhan dan perkembangan sikap dan perasaan atau emosi secara wajar dan dapat dikendalikan, dan perkembangan minat atau cita-cita yang terarah.

Itulah deretan hal kebahagiaan bagi remaja, kebahagiaan yang dicapai oleh remaja mau taraf manapun dapat menjauhkan dirinya dari masalah-masalah serius atau menjauhkan dirinya dari predikan remaja bermasalah. Karena pada dasarnya penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang bisa jadi akibat tidak tercapainya rasa kebahagiaan dalam dirinya.

Bunga Yustika Khoerrotul Ummah
Follow me
Latest posts by Bunga Yustika Khoerrotul Ummah (see all)
Bunga Yustika Khoerrotul Ummah

Bunga Yustika Khoerrotul Ummah

bunga yustika seorang mahasiswi di uin sunan gunung djati bandung