Generasi Remaja Milenial Diera Sekarang


IMG-20200102-WA0017.jpg

Read 115 

Hello guys, pasti sudah tau kan generasi remaja yang milenial diera sekarang itu seperti apa? Yuk kita simak baik-baik ya guys! semakin berputar semakin banyak perubahan yang terjadi didalam kehidupan generasi remaja yang milenial perlu kita sadari bahwa sudah banyak sekali fenomena yang terjadi di era sekarang ini. Sudah banyak pula diperbincangkan oleh orang-orang sekitar, baik itu mahasiswa, guru, orangtua dan khalayak yang melihatnya.

Tanpa kalian sadari di era sekarang ini pelajar mulai dari SD sampai SMA mengalami penurunan akhlak dan moralnya yang dikatakan sudah tidak baik, bahkan mereka sudah berani melawan gurunya, dan sudah berani berlaku tidak sopan terhadap orangtuanya. Dari situlah pentingnya orangtua dan guru dalam mendidik anak-anaknya.

Generasi milenial dilihat dari segi budaya bisa berdampak ke arah yang positif dan bisa berdampak ke arah yang negatif mengapa demikian? Karena di era sekarang ini anak-anak maupun remaja ataupun orang dewasa sudah mengenal dunia media sosial dan penggunaan teknologi yang modern yang dinamakan gadjet. Dengan alat itu, komunikasi jarak jauh pun bisa dan kitapun bisa menambah pertemanan dan bisa belajar juga.

Tidak hanya itu dampak penggunaan teknologi yang berlebihan akan mempengaruhi psikologis seseorang dan itu akan berpengaruh kepada seseorang yang menimbulkan kemalasan dalam beraktivitas dan pribadi pun merasakan itu, lebih asik sendiri dengan gadjetnya daripada berkumpul dengan orang-orang yang aktif. Generasi milenial yang akan berdampak ke arah negatif itu adanya budaya yang sudah tercampur aduk dengan budaya luar dan pengaruh dari luar mulai dari pakaian, bahasa, dan lainnya.

Contoh perubahan pada pakaian yaitu dikalangan remaja sekarang banyak yang memakai pakaian yang modern dan disesuaikan dengan style masa kini agar tidak terlihat norak/kolot, contoh perubahan dalam bahasa yaitu dikalangan remaja atau anak-anak juga sering terdengar bahasa-bahasa yang kurang sopan dan tidak menggunakan bahasa indonesia resmi atau mengucapkan bahasa itu dengan seenaknya saja.

Tidak hanya itu menyebabkan pula kelalaian dalam mendidik anak dan tidak baiknya moral. Akan ditempatkan dimana generasi remaja yang milenial diera sekarang ini? Sedangkan masih banyak pola pikir yang belum mengarah kepada perubahan yang akan mendorong kita kepada nilai kebaikan dan tidak hanya dinasehati dengan teori-teori dan membaca buku perpustakaan saja, tetapi dikalangan remaja maupun orang dewasa menerapkan nilai kebaikan itu dengan banyaknya selfie, main game sebagai media hiburan dan disitulah kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil, ambil sisi positifnya dan bukan sisi negatifnya.

Generasi milenial di era sekarang itu harus bisa mengalami perubahan meskipun sedikit sekali usaha untuk bisa mengubahnya. Kita bisa perlahan mengubahnya, yang pertama; dengan merubah diri sendiri terlebih dahulu, mengapa? Karena merubah diri sendiri saja susah apalagi merubah akhlak orang lain yang sekarang mungkin sudah terbawa arus orang lain, yang kedua merubah dari hal yang terkecil, mengapa? Karena merubah dari hal yang terkecil saja,misalkan kita menyuruh orang lain sholat berjamaah, memang terkadang sulit untuk melakukannya apalagi hal yang terbesar.

Bisa diibaratkan berubah itu sesuatu yang mudah kita ucapkan tetapi itu hal terbesar dan tidak semua bisa melakukannya dan itu semua membutuhkan proses yang lama, yang ketiga mulai saat ini, mengapa? Karena kita hidup akan mengalami kematian dan lakukanlah perubahan mulai saat ini karena bisa jadi hari esok kita tidak bisa melihat kehidupan kembali. Dengan itu kita harus saling menasehati kepada nilai kebaikan agar generasi sekarang itu bisa berdampak baik dan tidak mengarah ke hal negatif.

Kita sebagai manusia tidak bisa merubah fenomena itu, tetapi kita yakin akan memulai perubahan besar yang terjadi. Mulailah untuk berubah dan ciptakan pemikiran yang bagus agar terciptalah pola pikir yang akan membawa kita semakin maju dan menciptakan ide-ide yang cemerlang untuk masa depan nanti.

Isna isthiannisa
Follow me
Latest posts by Isna isthiannisa (see all)
Isna isthiannisa

Isna isthiannisa

Mahasiswa