Ga Lolos SBMPTN 2019, “Ngabisin Jatah Gagal”


Read 82 

Selamat buat 545.910 generasi Z yang belum lolos di SBMPTN 2019! Inget bahwa SBMPTN bukan satu-satunya jalan buatmu untuk jadi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri!

Tanggal 9 Juli kemarin menjadi hari dagdigdug serrr bagi para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Buka pengumumannya bikin jantung rasanya mau copot. Bener aja, dari 714.652 peserta yang ikut Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), hanya 168.742 yang lolos di 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia dan diantaranya ada 48.965 peserta bidikmisi.

Ternyata eh ternyata, Universitas Brawijaya jadi tujuan dengan peminat paling banyak di SBMPTN 2019. Sebanyak 55.871 menjatuhkan hati dan pilihannya di kampus tersebut. Disusul Universitas Sebelas Maret 48.735 peminat, Universitas Diponegoro 48.440 peminat, Universitas Pendidikan Indonesia 48.231 peminat, dan Universitas Negeri Semarang sebanyak 44.937 peminat.

FYI nih Teens! Masih banyak PTN yang buka seleksi mandiri kok! Kalian harus rajin kepo-in laman website Perguruan Tinggi Negeri yang jadi idaman kamu. Catat tanggal penting untuk ikut ujian mandirinya. Persiapkan lagi fisik dan mental kamu untuk mengikuti ujian selanjutnya dan yakinlah bahwa kamu cukup kuat dan percaya diri untuk bisa lolos di ujian mandiri.

Kalau ternyata gw gagal lagi gimana? Kamu bisa ikut SBMPTN tahun depan, atau coba daftar di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sesuai dengan jurusan yang kamu minati. Ada kesempatan juga untuk daftar kuliah di Luar Negeri. Terus kalo masih gagal gimana? Kamu bisa memanfaatkan masa bebas ini untuk ikut kursus suatu keahlian, coba magang, terus ikutan les dan berburu ujian masuk kampus lagi sampai akhir tahun ini. Bahkan kamu boleh banget leha-leha sementara waktu untuk mengistirahatkan hati dan pikiran dari notifikasi gagal-gagal-gagal-gagal dan gagal ujian masuk perguruan tinggi.

Jangan berpikir bahwa hidupmu hancur hanya karena belum bisa ngampus. Rezeki setiap orang beda-beda dan percayalah bahwa Tuhan punya rencana terbaik untukmu! Habiskan jatah gagal sekarang ini, bangkit dan berjuang lagi untuk menjadi mahasiswa di jurusan serta kampus idamanmu!

Sekali lagi selamat atas kegagalan ini karena kamu akan menghadapi tahap selanjutnya yang lebih menegangkan dan membuat dirimu terus belajar! Sesuatu yang kita anggap baik, belum tentu menurut Tuhan. By the way, selamat juga untuk peserta SBMPTN yang sudah lolos yaa! (Lv)

infiniteens.id
Follow Us
infiniteens.id

infiniteens.id

Youth Digital Literacy