0 4 min 3 mths

WhatsApp Image 2021-01-25 at 4.02.03 PM

Read 157 

Remaja merupakan sebutan bagi individu dalam tingkatan transisi dari anak-anak menuju dewasa. Masa rema adalah fase yang paling banyak disoroti oleh kalangan peneliti, baik dari segi bilologis, psikologis, dan lain sebagainya. Pada masa ini individu banyak sekali mengalami pengalaman yang akan membentuk dirinya dimasa dewasa kelak, ada yang berasal dari masa lalunya ketika masih kanak-kanak atau bahkan baru terjadi ketika individu ini menginjak masa remaja. Setiap pengalaman, pengetahuan, dll yang didapatkan pada masa ini sangat memberikan efek yang kuat bagi remaja itu sendiri.

Tidak sedikit perbedaan karakter remaja dulu sebelum tahun 2000-an dan remaja tahun 2000 ke atas. Karakter remaja pada setip masa dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya fashion. Fashion menjadi hal yang sangat digandrungi oleh remaja kebanyakan, bahkan anak-anak sampai orang tuapun sangat tertarik dengan istilah satu ini. Fashion mencakup keseluruhan cara berpakaian setiap individu termasuk remaja. Para remaja masa sekarang sangat pandai dalam berfashion, seperti halnya cara berpakaian, gaya rambut, hijab, dll. Hal-hal tersebut tentunya mereka lakukan berasal dari kreatifitas dan kiblat negara-negara yang mereka ikuti dan terkenal dengan fashinnya.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki penduduk berusia remaja cukup banyak, sehingga fashion dikalangan remaja Indonesia sangat berpengaruh atau bahkan bisa disebut sudah menjadi kewajiban sehari-hari untuk dilakukan. Cara berbusana misalnya menjadi hal yang lumrah dan sudah diketaui oleh khalayak ramai bahwa buasana yang dipakai oleh individu dan warna yang menempel dapat mencerminkan karakter individu itu sendiri. Fashion adalah sebuah ekspresi diri yang memungkinkan setiap orang mencoba berbagai peran dalam hidup. Fashion adalah perubahan penting agar hidup dapat selalu menyenangkan. Fashion dapat berbicara apa saja, dari bisikan halus sampai teriakan yang menguraas tenaga, atau bahkan sebuah kerlingan atau senyuman, mengubah kepercayaan diri dalam sebuah gaya berpakaian. Peneliti menemukan bahwa cara berfashion dapat mencerminkan sikap para remaja, karena cara berpakaian kita akan menimbulkan suatu image atau pandangan dari orang lain yang melihat cara kita berfashion dan pasti fashion yang kita sukai terpengaruhi dengan sikap kita. sebuah pencitraan atau image dalam berfashion, bagaimana kita berfashion kita bisa menciptakan sebuah image buat diri kita sendiri.

Perkembangan fashion di kalangan remaja Indonesia telah berkembang pesat mengikuti modernisasi. Tidak sedikit remaja di Indonesia yang sangat mempedulikan fashion. Hal ini menyatakan bahwa fashion untuk kalangan remaja sangatlah penting. Dengan didukungnya peran media, fashion menjadi suatu kebutuhan sekunder bagi remaja di Indonesia. Fashion yang pada jaman dahulu hanya berfungsi sekedar cara berpakaian telah berrevolusi menjadi salah satu alat kamunikasi tidak langsung untuk memperlihatkan status sosial dan perubahan sosial terhadap kalangan remaja. Hal ini mendapkan point positif untuk kalangan remaja agar dapat lebih percaya diri karena adanya fashion. Cara berbusana menjadi salah satu cara untuk mengetahui karakter atau sikap yang dimiliki remaja di suatu daerah. Trend fashion di kota-kota besar, saat ini di dominasi oleh jenis fashion hijabers, mulai dari yang casual, formal, elegan, dan glamour. Hal ini membuktikan ukuran gaya berfashion itu akan selalu dinamis dan terus menyesuaikan seiring perkembangan zaman.

Gufron Abadan Maksum
Latest posts by Gufron Abadan Maksum (see all)