Etika Hidup Sobat Genre


th.jpg

Read 87 

Etika Hidup Sobat Genre
Hi guys!! Kenalin aku Mia Solihatun Nisa panggil aja aku Mia yaaah. Nah sebenernya aku bingung mau nulis apa di infinity genre, bingung mau bahas topik apa. Sebenernya pengen bahas topik yang out of the box tapi masih bingung mau apa. Akhirnya setelah cari referensi di media sosial Instagram dan Twitter aku dapet semacam pencerahan gitu guys hahah. Sebenernya disini aku bukan mau kasih tips, berita atau semacamnya tapi lebih ke sharing pengalaman gitu tentang Etika Hidup yang Harus Dilakuin.

Kenapa bahas ini? Well soalnya kadang aku miris aja gitu sama kelakuan zaman sekarang yang terkadang ga merhatiin apa yang harus mereka lakuin dan seakan-akan mereka lupa apa yang harus mereka ga lakuin. Oke start to the topic!

Dulu kita dari kecil mungkin udah diajarin yang namanya sopan santun, baik itu sopan santun untuk ke orang tua, seumuran atau buat ke umur yang dibawah kita. Yang dulu kita pahami mungkin cuma sekedar bagaimana kita bicara yang sopan santun sesuai dengan tingkat usia yang kita ajak bicara. Sebenernya masih banyak loh etika yang harus kita terapkan dikehidupan sehari-hari.

Pertama, jangan lupa ucapkan kata tolong, sorry, terima kasih ketika kita meminta bantuan ke orang lain. Karena sekarang masih banyak orang yang ingin ditolong tapi ngungkapin dengan cara yang kurang tepat gitu. Ex, “heh ambilin itu dong” atau “Eh sekalian beliin gue makan yah” dengan kita ngucapin kata-kata itu secara tidak langsung itu udah nunjukin kepribadian asli kita ke orang lain. So ga ada salahnya dan lebih baik kalo kita minta bantuan dengan cara yang tepat karena orang yang bantu kita pasti bakal seneng dan lebih ikhlas hatinya.

Kedua, ga usah komentarin kepunyaan orang lain dari segi brand dan harga karena semuanya bukan urusan kita. Mia sendiri sering ngeliat dilingkungan kampus kejadian-kejadian seperti itu. Bahkan aku sendiri pernah ngalamin kena komenan tentang barang yang kita pakai. Inget yah guys mau itu barang murah, mahal, branded atau kw yang utamain kenyamanan karena orang lain ga ada urusan dengan apa yang kita pakai. Pakailah sesuai dengan kemampuan kita jangan sampai karena kita kepengen kelihatan so kaya malah nyusahin diri kita and you must be yourself.

Ketiga, judge fisik orang lain. Dikalangan remaja banyak juga tuh ngomentarin fisik orang lain yang entah itu karena kurus, gendut, item, ataupun putih. Ketika kamu bilang ke orang lain “kok kamu kurus banget sih?” otomatis kamu udah nyakitin hati dia. Karena kenapa? kita ga tau dia kurus karena faktor genetik, kurang sehat atau dia banyak makan tapi tetep berat badan ga naik karena tanpa kita sadari banyak orang yang berat badannya dibawah ideal tapi mereka lebih sehat daripada orang yang bb standar. Inget guys! semua manusia ga ada yang sempurna, jadi jangan pernah komentar apapun tentang fisik orang lain karena tidak sesuai dengan standar kita.

Okee guuyyss mugkin itu Etika Hidup yang Harus Dilakuin dari sekarang terutama kita sebagai generasi berencana selain harus merencanakan sesuatu untuk masa depan, kita juga harus memulai dengan tingkah laku, perilaku kita menjadi lebih baik lagi. Thanks semuanya semoga bermanfaat and see youuuuuuu

Mia Solihatun Nisa
BKI 5C
Penyuluhan KB

Mia Solihatun Nisa
Follow me
Latest posts by Mia Solihatun Nisa (see all)
Mia Solihatun Nisa

Mia Solihatun Nisa

Cute, humoris, humble, and hard worker