Eksistensi Remaja Sebagai Pilar Masa Depan Bangsa


Untitled-1.jpg

Read 191 

Masa remaja? Apa sih yang dibenak kalian mengenai masa remaja?
Masa yang paling indah karena mulai terlepas dari pengawasan orang tua?
Masa di mana seseorang mulai merasakan guncangan cinta?
Atau masa di mana seseorang mulai merintis masa depannnya?

Hehe, menarik sih memang masa ini, di mana individu mulai merasakan berbagai macam hal baru dalam hidupnya, mulai dari semakin banyaknya beban tugas yang kian menumpuk, mulainya seseorang untuk berinteraksi dan berperan lebih dengan lingkungannya, orang tua yang mulai memberikan rasa kepercayaan mereka kepada anaknya untuk belajar mandiri, atau masa seseorang yang mulai merasakan indahnya rasa jatuh cinta, atau yang kini dikenal dengan istilah bucin. Segala hal baru dan drama kehidupan akan dimulai di masa ini, di mana individu harus mampu menghadapi segala problematika dan pilihan hidup dengan sebijak mungkin. Namun, terlepas dari semua hal itu, peran remaja bagi peradaban dunia sungguh luar biasa. Kegelimangan remaja dalam merintis masa depan memang telah didambakan oleh segenap bangsa.

Remaja adalah potensi terbesar bagi suatu bangsa dalam membangun peradaban yang gemilang. Peran remaja sebagai penerus perjuangan para pahlawan bangsa dianggap sebagai amunisi kuat guna menjadikan negara terus maju dan adidaya. Baik buruknya masa depan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas generasi mudanya.

Remaja adalah armada tempur suatu bangsa dalam merintis kegelimangan masa depan dengan berbagai macam potensi yang dimilikinya. Generasi muda dengan fisiknya yang kuat, otaknya yang kreatif dan inovatif, serta daya pikir yang kritis dianggap sebagai aktor utama pembangunan bangsa. Remaja harus mempunyai karakter yang kuat untuk merintis masa depan, semangat nasionalis, dan mampu memahami pengetahuan dan teknologi guna mampu bersaing di kancah global.
Ir. Soekarno, sebagai Bapak Proklamator Bangsa pernah berkata, “Beri aku seribu orang tua, niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya. Beri aku sepuluh pemuda, maka akan ku guncangkan dunia.” Kata-kata tersebut menegaskan bahwa betapa pentingnya peran remaja dalam kemajuan masa depan bangsa. Baik buruknya masa depan bangsa, tergantung kualitas sumber daya remaja sebagai pewaris bangsa.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan makna Sumpah Pemuda menjadi tonggak persatuan dan kebersamaan membangun bangsa. Sebagai generasi muda, kita memiliki tanggung jawab besar dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Bukan zamannya lagi kita bermalas-malasan dan mengkhayal tanpa tindakan, singsingkan lengan bajumu dan berjuanglah meraih masa depan gemilang. Wujudkan semua anganmu, dan raihlah kejayaan.

Latest posts by Ahmad Yumni (see all)

Ahmad Yumni

Remaja yang kian tumbuh dewasa, yang berasal dari ujung Pulau Jawa, Banten provinsinya. Menempuh Pendidikan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Terlahir dari keluarga sederhana namun bercita-cita mendunia.