DAMPAK TERLALU SERING NGOPI


PicsArt_12-31-04.34.29.jpg

Read 253 

Hai para pemuda masa kini! Gimana? Resolusi tahun 2019, masih banyak yang belum direalisasikan? Jangan panik, kita lanjut aja resolusinya di tahun baru, tapi jangan sampe lanjut ke tahun berikutnya yaa!

Ternyata 2019 udah habis, kalo di pikir-pikir ya ga kerasa waktu itu berlalu karena kita ga pernah bisa menghentikan waktu yang terus bergulir, atau memutar waktu. Tapi kalo kalian menemukan benda tersebut, jangan lupa kasih tau ya! Sekarang menginjak ke tahun puluhan, maksudnya 2020, 2021, 2022, dst. Dalam waktu setahun banyak terjadi hal-hal yang menakjubkan, ada yang terekam dalam memori dan yang terlupakan begitu aja. Ada hal yang di inget seluruh masyarakat Indonesia, para pemuda menyebutnya “hal viral”. Iya, hal yang viral di social media, ikut dalam euforia biar di sebut kekinian atau ya memang sebatas penasaran.

Teman-teman tau ga salah satu hal yang naik daun selama tahun 2019? Ada judul berita, “Kedai kopi, bisnis masa kini, menjanjikan masa depan.” Ya bisnis pasti mengalami pasang surut, kalo banyak dapat omset, kita kelola supaya semakin banyak menghasilkan untung, kalo tidak kita berusaha untuk mengembangkan bisnis kita supaya diminati oleh pasar. Katanya sih, modal 10 juta saja teman-teman bisa menjadi owner alias pemilik dari gerai kopi, wah lumayan ya.

Biasanya orang-orang yang memiliki minat dalam dunia bisnis, selalu mengambil kesempatan dalam momen apapun untuk menghasilkan cuan alias untung. Baginya, setiap waktu adalah peluang yang harus di manfaatkan dengan maksimal, mengikuti perkembangan jaman berusaha mengembangkan inovasi baru. Target pasar yang paling menguntungkan ya para anak muda, mereka sangat suka penasaran dengan hal-hal yang sedang ramai di bicarakan. Misalnya dari model pakaian, model ponsel, kendaraan dan yang marak di tahun 2019 adalah bisnis gerai kopi. Kopi dan susu menjadi perpaduan manis yang digunakan di semua gerai kopi, konsep yang digunakan memanfaatkan perasaan para pemuda yang biasanya di landa galau akibat cinta kemudian menjadi orang yang puitis. Apalagi demi konten social media, harus ikut-ikutan hal yang lagi viral biar bisa ikut ngerasain serunya, atau minimal kalo temen ngobrol hal itu kita bisa nyambung. Gapapa kalo hal yang viral merupakan suatu yang positif, kalo tidak? Apa kata dunia?

Teman-teman harus bisa membedakan viral postif dan negatif ya, demi masa depan dan harga diri teman-teman, bayangin! Ketika melakukan hal negatif terus anak cucu kalian ngelihat di masa depan, jejak digital sejahat itu! Jadi, harus senantiasa berhati-hati dan slogan bijak dalam bersosial media harus selalu di ingat.

Tetapi bagi teman-teman yang belum mampu merintis usaha dan masih menjadi konsumen, tidak apa-apa. Nanti berkembang, siapatau tiba-tiba inovasi muncul dalam diri teman-teman. Tapi saya disini gak akan bahas, bagaimana memulai bisnis gerai kopi. Tapi untuk para penikmat kopi, lagu indie dan senja. Eh! Ga gitu.

Nah, bagi teman-teman yang suka menikmati kopi, baik kopi instan berlogo kapal, berslogan “cobain kuy”, kopi di gerai ternama yang memiliki logo medusa berwarna hijau, kopi yang banyak janji, dan kopi-kopi lainnya. Menurut data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018, jumlah penduduk yang termasuk kategori pemuda adalah sebesar 63,82 juta jiwa. Jumlah tersebut merupakan seperempat dari total penduduk Indonesia.

Jika dilihat dari banyaknya jumlah pemuda tersebut, trend konsumsi kopi di kalangan pemuda berpotensi besar meningkatkan jumlah konsumsi kopi di Indonesia. Pernyataan tersebut didukung oleh data yang bersumber dari International Coffee Organization (ICO) yang menunjukkan adanya trend kenaikan konsumsi kopi di Indonesia. Pada tahun 2015 ICO merilis data pertumbuhan jumlah peminum kopi di Indonesia, yaitu sebesar 8%, lebih besar daripada pertumbuhan dunia yang hanya mencapai 6%.

Selaras dengan ICO, data Hasil Proyeksi Konsumsi Kopi di Indonesia yang dirilis oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementrian Pertanian yang dirilis pada tahun 2018 pun menunjukkan terjadinya peningkatan konsumsi kopi nasional selama 4 tahun terakhir. Rata-rata pertumbuhan konsumsi kopi nasional mencapai angka 2,49%.Sebaiknya selalu berhati-hati, selain membahayakan kantong para pemuda dan pegawai di akhir bulan, kopi memiliki banyak dampak bagi kesehatan tubuh kita! Tau ga apa saja dampak yang dihasilkan kalo kita terlalu banyak mengkonsumsi minuman mengandung kafein? Mengambil sumber informasi dari idntimes, saya merangkum bahaya terlalu sering mengkonsumsi kopi:

1. Jantung berdetak lebih cepat
Menurut dr. Jansen Ongko, MSc, RD, seorang pakar kesehatan dan nutrisi, konsumsi kopi yang berlebihan bisa membuat detak jantung lebih cepat dari biasanya. Ini terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah kesehatan jantung. Meskipun teman-teman tidak memiliki riwayat penyakit jantung, di lansir dari lifestyle kompas di jelaskan bahwa Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan alami bagi tubuh. Saat kita minum kafein, sistem saraf pusat dirangsang. Hal ini menyebabkan gejala seperti meningkatnya kewaspadaan, sakit kepala, gugup, jantung berdebar-debar, dan pusing. Kafein menyebabkan palpitasi jantung karena merangsang sistem saraf pusat. American Heart Association mengatakan, meski jantung memiliki ritme yang teratur, tapi rangsangan saraf bisa mengubah ritme tersebut.

2. Imsomnia
Ya orang-orang kadang memanfaatkan kopi untuk menunda waktu tidur karena banyak tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan malam itu juga. Tapi jika terlalu sering menunda waktu tidur dengan mengkonsumsi kopi tidak baik menyebabkan jam tidur terganggu dan kebiasaan begadang bukan kebiasaan baik, seperti kata Rhoma Irama, jangan begadang kalau tiada artinya, betul tuh!

3. Sakit Kepala
Dilansir dari WebMD, kafein juga bisa menyebabkan sakit kepala rebound, yaitu sakit kepala yang terjadi berulang kali karena penggunaat suatu zat yang berlebihan, bisa ketika penggunaan kafein terlalu banyak.

4. Darah Tinggi
Bukan! Yang ini darah tinggi bukan karena uangnya menipis tapi menurut pendapat dari Charalambos Vlachopoulos, MD, mengatakan bahwa kafein meningkatkan kekakuan secara cepat terhadap arteri besar bagi orang dengan tekanan darah tinggi.

5. Asam Lambung Meningkat
Senyawa kafein atau katekol yang terkandung pada kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi orang yang memiliki masalah lambung atau maag.

6. Pencernaan Terganggu
Jangan sekali-kali mencoba minum kopi kalo dari pagi perut teman-teman masih kosong, karena pencernaan bisa terganggu dan menyebabkan sakit perut! Nikmatnya sesaat ketika segar lewat tenggorokan tapi ketika sampe perut, duh, langung menyesal tadi minum kopi dalam keadaan perut kosong.

7. Kolestrol Meningkat
Mengonsumsi 5 cangkir kopi setiap hari sangat berpotensi untuk meningkatkan kadar kolesterol darah hingga 8%. Karena, kandungan minyak terpene di dalam kopi sehingga potensi terkena penyakit kolestrol menjadi tinggi, hal tersebut dijelaskan juga dalam sebua penelitian. Wah ga enak kan!

8. Resiko Stroke dan Gangguan Jantung Meningkat
Dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry, disebutkan bahwa konsumsi kopi lebih dari lima gelas setiap hari dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah. Ini berkaitan secara signifikan dengan stroke dan serangan jantung. Dosis asupan kafein yang dianjurkan oleh para ahli adalah 200-300 mg perhari.

Huh! Setelah terlalu sering mengkonsumsi kafein semua jadi meningkat, Cuma isi kantong aja yang tidak meningkat. Buat temen-temen yang selesai baca sampai paragraph ini, kalian hebat! Lebih hebat lagi kalo di praktikan dalam kehidupan nyata, manfaatnya untuk teman-teman juga kan, dan manfaatnya tidak hanya untuk saat ini tapi dampak paling besar bagi teman-teman di masa depan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, daripada terlalu sering minum kopi mending uangnya kita alihkan buat hal lain, nabung buat keliling pulau misalnya! Jangan jadi manusia yang gampang terpengaruh oleh oranglain, tapi jadi pengaruh kebaikan bagi oranglain.
Terima kasih teman mudaku dan semoga bermanfaat ya!

Love, peace and gaul!

Fiqhi Ashabul Jannah
Follow me
Latest posts by Fiqhi Ashabul Jannah (see all)
Fiqhi Ashabul Jannah

Fiqhi Ashabul Jannah

Saya suka menulis di blog ataupun di tumblr