Capek Overthinking


inbound5800497928430243942.png

Read 313 

Bahasa Overthingking sekarang lagi banyak banget di sebut-sebut dibanyak kalangan remaja. Bahkan sekarang anak SMP aja banyak loh yang udah banyak pikiran, stres katanya. Saya bingung diumur mereka yang masih dini kenapa harus punya banyak pikiran yang bahkan tidak harus mereka pikirkan. Katanya banyak yang harus dipikirkan, bahkan saat ingin menjelang tidur pikiran-pikiran negative itu terus-terusan muncul didalam pikiran kita. Sebetulnya arti dari overthingking itu sendiri apasih ? mungkin masih banyak yang belum tau arti sebenarnya dari overthingking.

Apa aja sih penyebab overthingking? Cara mengatasinya gimana sih? yuk simak sampai habis. Mungkin banyak yang berada diposisi sulit, salah satu contohnya saat overthingking. Dan yang menjadi pelampian saat itu hanya main hp bolak balik aplikasi aja. Sebetulnya overthingking juga tidak memiliki definisi pasti, hanya saja kebanyakan orang menyebutkan bahwa overthingking itu adalah sebuah kebiasaan dimana seseorang memikirkan sesuatu dengan terus menerus yang seolah-olah tidak ada jalan keluar dari sesuatu tersebut, yang padahal hal itu belum terjadi sama diri kalian.

Mungkin saja itu terjadi karena emosi yang tidak bisa kita kontrol, seperti marah, malu, kesal, menyesal dan masih banyak emosi lainya tercampur menjadi satu. Overthingking bisa menjadi habbit atau kebiasaan jika kita tidak bisa mengontrol diri kita untuk meninggalkan kebiasaan buruk itu. Nah, karena itu kebiasaan buruk jadi kita harus bisa berusaha keluar dari kebiasaan yang mungkin akan membuat kita sakit secara mental secara tidak sadar. emang apasih tanda-tanda overthingking? Kalian bisa lihat diri kalian sendiri dalam bahasa agama mungkin muhasabah diri atau intropeksi diri, sebetulnya apa yang salah dalam diri kita.

Tanda-tanda overthingking pada umumnya :
1. Rasa cemas yang berlebih.
2. Terlalu memikirkan orang lain, mau itu dari perkataannya atau pun hal lain. Sebetulnya untuk menjadi bodo amat di waktu tertentu itu tidak salah loh, apalagi untuk kebaikan diri kita sendiri.
3. Takut
Takut disini bukan dalam hal seperti takut akan hantu atau pun yang lainnya. Tetapi takut disini adalah akan memulai sesuatu, takut gagal, takut ga berhasil. Bahkan kita belum tau hasilnya tetapi sudah ada didalam pikiran kita gagal yang sebetulnya itu hanya perasaan kita. Pada akhirnya dampak dari overthingking ini bisa membuat peluang besar pada gangguan mental, kemudian jadi sulit menyelesaikan masalah bahkan sekecil apapun, jam tidur terganggu karena pikiran-pikiran yang hanya ada didalam pikiran saja.

Lalu gimana cara keluar dari zona ini (?) seperti tadi yang sudah di bahas coba muhasabah diri atau intripeksi diri, apa saja yang salah kemudian ceritakan masalah yang sedang dialami pada orang terdekat jangan hanya memendamnya sendiri yang akan terus memicu overthingking ini. Bisa juga kalian fokus pada hal yang bisa kalian kerjakan atau mungkin menyibukkan diri untuk mengalihkan pikiran-pikiran negative itu.

Latest posts by Asyavira Mahardini Putrie (see all)

Asyavira Mahardini Putrie

Sekolah dasar di SDN Sukamahi 03, SMP di rawamerta Karawang kemudian Lanjut Aliyah/SMA di Plered - Purwakarta dan sekarang berstatus Mahasiswa di UIN sunan gunung Djati Bandung.