Bincang Kesehatan Reproduksi Remaja, Remaja Gaul Remaja Sehat


f110a3d0-f683-4725-93ab-28736b0e219f.jpg

Read 206 

Menjaga kesehatan reproduksi remaja merupakan hal yang sangat wajib, khusunya pada remaja. Karna, pada masa remaja adalah waktu terbaik untuk membangun kebiasaan baik menjaga kebersihan, yang bisa menjadi aset dalam jangka panjang.

Mengapa Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Remaja Sangat Penting?
Remaja harus memiliki pengetahuan seputar kesehatan reproduksi. Tak hanya untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ tersebut, informasi yang benar atas pembahasan ini juga bisa menghindari kita khususnya remaja melakukan hal-hal yang negative.

Memiliki pengetahuan yang tepat terhadap proses reproduksi, serta cara menjaga kesehatannya, kita mampu membuat remaja lebih bertanggung jawab. Terutama mengenai proses reproduksi, dan dapat berpikir ulang sebelum melakukan hal yang dapat merugikan.

Pengetahuan tentang masalah reproduksi ini tidak hanya untuk remaja putri saja. karna, anak laki-laki juga harus mampu mengetahui serta mengerti cara hidup dengan reproduksi yang sehat. Pergaulan yang salah juga pada akhirnya bisa memberi dampak negative pada remaja laki-laki pula. Oleh karna itu pengetahuan apa saja yang perlu diketahui oleh remaja gaul sekarang ?

• Pengenalan terhadap sistem, proses, serta fungsi alat reproduksi. Usahakanlah untuk menyampaikan informasi sesuai dengan usia dan kesiapan anak. Tapi sebaiknya hindari penggunaan istila-istilah tertentu yang malah bisa mengaburkan makna dan membuat anak tidak mengenal dengan pasti masalah reproduksi.

• Resiko penyakit. Aspek ini juga sebaiknya sudah mulai dikenalkan dan disampaikan pada remaja yang sudah beranjak dewasa. Dengan mengetahui risiko yang mungkin terjadi, remaja tentu akan lebih berhati-hati dan lebih menjaga kesehatan reproduksi.

• Kekerasan seksual dan tatacara pencegahannya. Remaja perlu dikenalkan dengan hak-hak reproduksi yang dia miliki. Selain itu, diperlukan juga pengetahuan tentang kekerasan seksual yang mungkin terjadi, apa saja jenisnya, dan bagaimana cara mencegahnya terjadi.

Fanny Ramadhaniaty Permana
Follow me
Latest posts by Fanny Ramadhaniaty Permana (see all)
Fanny Ramadhaniaty Permana

Fanny Ramadhaniaty Permana

Mahasiswi