Bimbingan dan Konseling untuk Keluarga Usia Remaja


WhatsApp Image 2019-12-29 at 12.39.00 PM (2)

Read 179 

Bimbingan dan Konseling itu sendiri merupakan bantuan yang diberikan oleh seorang profesional kepada individu atau kelompok dengan tujuan agar individu dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan,kebiasaan,adat di lingkunganya.

Keluarga merupakan bagian masyarakat atau susunan masyarakat terkecil sebagai inti dari suatu sistem sosial yang berada di masyarakat. Keluarga juga merupakan bagian dari masyarakat yang sesungguhnya berpengaruh dan mempunyai peranan penting untuk membentuk budaya dan perilaku yang berlaku di masyarakat.

Keluarga juga dibentuk dengan tujuan untuk mencapai kehidupan bahagia an sejahtera. Dan untuk mewujudkan dan mencapai semua itu diperlukan berbagai upaya untuk mencapainya sejak sebelum pembentukan keluarga samapi akhirnya sudah terbentuknya keluarga.

Konseling keluarga ada pada suatu situasi khusus. Konseling ini tentunya fokus pada permaslahan- permaslahan yang ada didalam suatu keluarga. Dengan melibatkan semua anggota keluarga. Adanya konseling ini untuk membantu keluarga menyelesaikan maslah yang seang terjadi dengan semua anggota keluarga ikut berperan aktif untuk menyelesaikan maslah- maslalah yang sedang terjadi.

Salah satu problem yang akan dibahas mengenai keluarga remaja, maksudnya adalah keluarga yang mempunyai anak usia remaja. Remaja adalah dimana seseorang itu sedang mencari jati diri nya, mereka cenderung mulai tidak dekat dengan kedua orangtua nya, mereka cenderung memeprcayai oranglain atau kerabat yang dekat dengannya. Tetapi jika anak remaja ini salah mempercayai orang, maka akan sangat berpengaruh sekali pada perilaku bermasyarakat remaja tersebut.

Adapun model- model konseling yang digunakan untuk konseling keluarga usia remaja ini sangatlah beragam dan emosional mereka yang sangat labil karena masa ini adalah masa transisi antara masa anak- anak dan dewasa. Sehingga banyak sekali dan sangat rentan terjadi maslaha pada anak usia remaja ini.
• Permasalahan dengan keluarga
Anak usia remaja ini cenderung ingin mempunyai masa remaja yang sempurna dan mendapatkan perhatian penuh dari ayah dan ibu. Tetapi terkadang dengan keinginan mereka tersebut mereka seringkali harus meninggalkan rasa seih dihati mereka. Karena mereka harus menghabiskan waktu mereka dengan bergabung dengan anak- anak yang mempunyai masa remaja yang kurang beruntung, semua itu bisa terjadi karena pertengkaran yang sering terjadi pada orangtua dan melibatkan anak- anaknya yang seharusnya mereka tidak terkibat pada permaslahan tersebut, semua itu dapat membuat mereka menjadi stress dan bahkan depresi, karena mereka harus memikirkan masalah yang seharusnya belum mereka pikirkan.
• Permaslahan percintaan
Ada isitilah cinta monyet pada masa remaja ini, karena pada masa ini kita bisa mengenal yang namanya cinta. Tetapi karena cinta ini bisa merusak masa remaja kita apalagi kalau sudah dihubungkan dengan yang namnya free sex ( seks bebas ). Kalangan anak diusia remaja tidkak mungkin ridak mengenal yang namnaya cinta, hanya saja ditakutkan ketika hanyut dibawa asmara cinta kita bisa melakukan apa saja. Sampai kita juga bisa melupakan keluarga kita sendiri.
• Permaslahan didalam lingkungan
Lingkungan merupakan salah satu hal dan point yang sangat penting dan mempunyai pengaruh yang besar dan signifikan, jika remaja hidup dilingkungan yang baik maka akan mempunyai dampak yang postif, namun jika sebaliknya remaja hidup dilingkungan yang negatif atau kurang baik maka begitupun akan memberikan dampak negatif pada remaja tersebut.

Oleh karena itu mesti adanya konseling atau bimbingan keluarga pada ranah anak usia remaja.

Nurul Agni Fauziah
Follow me
Latest posts by Nurul Agni Fauziah (see all)
Nurul Agni Fauziah

Nurul Agni Fauziah

Mahasiswi