BELAJAR SUKSES DARI ABU HURAIRAH


Read 557 

Hidup merupakan suatu perjalan yang bertepi. Sebelum menepi, pastinya masing-masing dari kita memiliki impian atau cita-cita. Untuk menggapai cita-cita atau impian, pastinya dibutuhkan usaha atau upaya untuk sampai pada cita-cita itu.

Masing-masing dari kita pasti memiliki cara tersendiri untuk mencapai impian kita. Bagi kita yang ingin fokus di bidang keilmuan, kita bisa meneladani apa yang telah dilakukan oleh Abu Hurairah, yaitu salah satu sahabat Nabi saw yang mampu menghafal ribuan hadis sehingga sampai saat ini nama Abu Hurairah menjadi salah satu nama sahabat yang sangat tidak asing di telinga kita. Hal ini karena jasanya yang luar biasa dalam menyampaikan berita-berita penting dari baginda Nabi Saw. Lalu, apa rahasia Abu Hurairah sehingga menjadi seorang tokoh ahli hadis di era sahabat?

Imam al Bukhari dalam kitab Sahihnya meriwayatkan satu hadis yang mengisahkan perjuangan Abu Hurairah dalam menuntut ilmu. Hadis tersebut adalah:

Sesungguhnya saudara-saudara kami dari kalangan muhajirin sibuk melakukan transaksi jual beli di pasar,  para sahabat dari kalangan anshar sibuk dengan harta-harta mereka, sedangkan Abu Hurairah sibuk bermulazamah (bertemu) dengan Nabi karena sudah dalam keadaan kenyang, menghadiri (majlis ilmu) yang tidak dihadiri oleh yang lain, dan menghafalkan (perkataan Nabi saw) yang tidak dihafal oleh yang lain. (HR. Bukhari)

Dari hadis tersebut dijelaskan bahwa tatkala para sahabat yang lain disibukkan dengan bekerja, sahabat Abu Hurairah lebih memilih untuk bermulazamah atau menghadiri majlis ilmu baginda Nabi saw. Abu Hurairah menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh baginda Nabi dan kemudian menghafalkannya. Karena kegigihan Abu Hurairah dalam menghadiri majlis ilmu inilah yang kemudian menjadikan Abu Hurairah mampu menceritakan banyak hal tentang Nabi saw sehingga nama Abu Hurairah dikenal sampai saat ini.

Di era modern ini, kita akan dihadapkan dengan berbagai  fantasi kehidupan, berbagai aplikasi menarik di gadget kita, semakin banyaknya mall, dan tempat-tempat hiburan lainnya terkadang membuat kita terlena. Sebagai generasi muda yang ingin sukses, kita patut mencontoh apa yang dilakukan oleh sahabat Abu Hurairah. Jika kita ingin menorehkan sejarah di bidang keilmuan maka kuncinya adalah fokus, fokus belajar dan menelaah keilmuan yang ingin kita tekuni. Mendatangi tempat-tempat sumber ilmu dan mendengarkan penjelasan dari para pakar keilmuan tersebut. Kita juga bisa memanfaatkan gadget kita sebagai sumber ilmu pengetahuan karena di dalamnya banyak sekali informasi keilmuan yang bisa kita dapatkan. Adapun hiburan-hiburan yang ada di sekeliling kita, bukanlah prioritas, namun bisa menjadi sarana refreshing sejenak untuk melepas penat.

Izza Farhatin Ilmi
Latest posts by Izza Farhatin Ilmi (see all)
Izza Farhatin Ilmi

Izza Farhatin Ilmi

Pengajar di Darus Sunnah International Institute for Hadith Sciences, Mahasiswi Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta