Back to School: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah


Read 78 

Hi Teens!

Semangat banget nih yang abis nyampulin buku-buku pelajaran, siapin seragam baru, tas baru, sepatu baru, pokoknya segala baru demi menyambut hari bahagia pertama sekolah.

Selamat dan semangat buat para siswa baru yang mau menjalankan MPLS alias Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Disuruh bawa balon ya? Eh tapi nggak disuruh bawa yang macem-macem kan ya? Soalnya ada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 18 Tahun 2016 tentang aturan MPLS teens!!

Biasanya sih siswa akan dapat buku saku selama MPLS berlangsung, ada arahan dari guru mengenai sistem belajar dan seragam, demo dan buka rekrutmen ekstrakurikuler, acara kenalan dan nerbangin balon sebagai pembukaan MPLS.

Nah aturan dari Permendikbud No 18 Tahun 2016 ini menegaskan kalau kegiatannya kudu edukatif, kreatif dan menyenangkan. Udah gitu siswanya pakai seragam dan atribut sekolah, bukan lagi pakai sarung atau tas karung kaya jaman dulu ya hehe. Terus semua kegiatan perencanaan, penyelenggaraan dan arahan akan disampaikan oleh guru langsung, juga biasanya dibantu kakak kelas jika gurunya terbatas. Kegiatannya so pasti diadakan di lingkungan sekolah dan maksimal 3 hari sob kalau kata permendikbud.

Intinya, siswa akan diasah untuk mengenali potensi dirinya, beradaptasi dengan lingkungan baru, teman baru, guru-gurunya, sampai harus tau dimana letak kantin, toilet, perpustakaan dan tempat penting lainnya berada. Selamat dan semangat menuntut ilmu ya Teens!!(Lv)

infiniteens.id
Follow Us
infiniteens.id

infiniteens.id

Youth Digital Literacy