“Ayo Bergerak! Jangan Jadi Generasi Mager & Generasi Rebahan”


20191216_165826_0000.png

Read 192 

KMasa remaja rasanya sayang banget gak sih kalo cuma dilewatkan tanpa makna yang bisa menunjang kesuksesan hidup di masa depan? Nah akhir-akhir lagi populer istilah “generasi rebahan”. Ada salah stu Psikolog klinis Kasandra Putranto mencermati kalo remaja zaman sekarang seperti termanjakan oleh keadaan. Alhasil, daya juangnya dirasa kurang baik. Remaja jadi enggan keluar rumah untuk bergerak karena berbagai alasan yang tidak kuat, seperti cuaca panas atau sekadar mager (malas gerak).

Kalian tahu? Ternyata ada bahaya di balik kecenderungan untuk rebahan. Yaitu menyebabkan hormon adrenalin turun kalo remaja lebih sering dikit-dikit mager, dikit-dikit mager. Rendahnya kadar adrenalin dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab depresi lho. Waduh, ngeri ya. Kalo adrenalin dan domapin pada remaja tinggi bisa meningkatkan rasa percaya diri katanya. Maka dari itu, remaja akan lebih kreatif dan berani untuk berkarya.

Kembali ke generasi rebahan, sebenernya yang perlu diperhatikam itu kalo rebahan jangan dijadikan sebagai legitimasi kemalasan. Apalagi, sampe ngabisin waktu berjam-jam di atas kasur. Main handphone, buka Instagram terus stalking mantan. Aduh, nggak produktif banget deh. Gak salah kok kalo makna esensialnya yang sebenernya merupakan waktu buat istirahat dari aktivitas yang padat.

Aktivitas rebahan ini seharusnya sih bisa menjadi cara baru buat tetep produktif, meskipun terlihat tidak produktif. Sebab, generasi sekarang udah punya akses terhadap internet yang mendorong mereka untuk mendapatkan bahkan menghasilkan sesuatu dari dalamnya. Tetapi, dengan ‘table manner’ yang salah, aktivitas ini terkadang hanya dijadikan sebagai tameng kemalasan. Padahal kan zaman sudah maju, remaja masih tetep bisa rebahan sambal nyambi online shop kan keren tuh. Dapet duit tapi sambal rebahan.

Makanya, rebahan jangan rebahan kalau tiada artinya…

Imanda Salsabila Wardaya
Follow me
Latest posts by Imanda Salsabila Wardaya (see all)
Imanda Salsabila Wardaya

Imanda Salsabila Wardaya

Mahasiswa