Awas Bahaya Prokrastinasi Akademik! ini cara mengatasinya


Awas-Bahaya-Prokrastinasi-Akademik.png

Read 104 

Hallo Teens!

Saat ini banyak dari kita sebagai generasi muda baik itu pelajar ataupun mahasiswa yang lebih suka mengerjakan tugas akademisnya dengan SKS (Sistem Kebut Semalam). Sistem ini, biasanya dianggap sebagai kebiasaan negatif loh karena orang yang suka menunda tugas dianggap tidak memiliki kepedulian terhadap kualitas tugas yang dihasilkan dan juga dianggap memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah dibandingkan dengan teman-temannya. Nah, untuk lebih jelasnya lagi yuk baca sampai selesai!

Kalian tau gak sih kalau mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam itu tak jarang disebabkan oleh kebiasaan menunda nunda atau bahasa kerennya sih prokrastinasi. Sistem kebut semalam ini bisa dibilang prokrastinasi akademik loh dengan artian, penundaan dalam memulai maupun menyelesaikan tugas yang dihadapi sehingga mengalami keterlambatan dalam mengerjakan tugas dalam jangka waktu yang diinginkan atau menunda mengerjakan tugas sampai saat-saat terakhir. Tapi tenang aja, yuk sama-sama kita ketahui gimana sih cara untuk mengatasinya.

  1. Membentuk kelompok belajar, hal ini bisa dilakukan jika kamu menyukai metode belajar secara berkemolpok, dan cara ini berdasarkan eksperimen dapat mengurangi prokrastinasi akademik karenaalasan menunda-nunda pekerjaan biasanya disebabkan karea tidak memiliki teman belajar.
  2. Manajemen waktu, hal ini bisa mulai dilakukan dengan mulai mengetahui kuadran waktu pribadi. Buatlah list apa yang akan kamu kerjakan esok hari berdasarkan pada skala prioritas masing-masing kegiatan. dengan mengetahui skala prioritas ini kamu akan lebih bisa mengatur dan mengefisiensikan waktumu.
  3. Yakin terhadap diri sendiri, biasanya prokrastinasi akademik ini disebabkan oleh rasa takut dan ketidakpercayaan diri untuk mengerjakan tugas. Yakinlah bahwa kamu dapat mengerjakannya dengan baik.
  4. Ingat pada tujuan awal, biasanya ketika kita menuda suatu pekerjaan disebabkan kita lupa pada apa yang menjadi tujuan kita. Pada kalangan pelajar biasanya tujuan dari pendidikan sendiri adalah untuk mencapai kesuksesan, akan tetapi ketahuilah bahwa kesuksesan tidak akan bisa diraih kecuali melalui proses.
  5. Kurangi menganggap enteng tugas, seringkali alasan kita menunda tugas karena kita merasa tugas tersebut mudah untuk diselesaikan sampai pada tiba waktunya deadline kita baru mulai mengerjakan tugas tersebut dan ternyata penyelesaian tugas ini tidak sesuai denga napa yang kita bayangkan, tugas yang menurut kita akan cepat terselesaikan ternyata membutuhkan banyak waktu dan data. Hal ini menyebabkan kita kehabisan waktu dan kualitas tugas yang dikumpulkan pun buruk.

Procrastination is like a credit card: it’s a lot of fununtil you get the bill” (Cristopher Parker)

Gimana nih Teens? Udah tau kan, cara mengatasi prokrastinasi akademik, semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

Jessica Rahmawati
Latest posts by Jessica Rahmawati (see all)
Jessica Rahmawati

Jessica Rahmawati

akrab disapa Jessica lahir pada tanggal 16 Mei 2000. saat ini, Jessica sedang menempuh pendidikannya pada prodi Bimbingan Konseling Islam (2018) di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati