0 2 min 4 mths

0001-15958481033_20210125_145627_0000.png

Read 159 

Menurut saya, Remaja merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan hidup dari fase ke fase sebelum menjadi dewas. Bisa disebut juga, remaja adalah masa dimana seorang mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Hal ini ditandai dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada seorang remaja, perubahan itu bisa merupakan perubahan sifat dan fisik. Pada perubahan sifat ini, seorang remaja seringkali mengalami sifat yang labil dan cenderung sensitive, dikarenakan pada masa ini, seorang remaja kadang belum mengetahui mana yang baik dan buruk untuknya, dan juga mana yang harus ia lakukan dan yang tidak ia lakukan.

Sedangkan perubahan pada Fisik, seringkali ditandai dengan misalnya, pada laki-laki tumbuhnya jakun, dan pada perempuan tumbuhnya payudara dan mengalami menstruasi dan lainnya. Masa remaja ini sering juga disebut dengan masa “Pubertas”. Dilansir dari halaman wikipedia bahwa, Pubertas adalah periode beberapa tahun di mana pertumbuhan fisik yang cepat dan perubahan psikologis, yang memuncak pada kematangan seksual. Usia rata-rata mulai pubertas adalah 11 untuk anak perempuan dan 12 untuk anak laki-laki. Jadwal individu setiap orang untuk pubertas dipengaruhi terutama oleh faktor keturunan , meskipun faktor lingkungan, seperti diet dan olahraga, juga mengerahkan beberapa pengaruh. Faktor-faktor ini juga dapat menyebabkan pubertas sebelum waktunya dan tertunda.

Menurut penulis, pada masa remaja ini harus memiliki perhatian yang lebih, dikarenakan masa remaja ini mengalami masa yang labil seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Hal ini dikhawatirkan seorang remaja memilih pergaulan bebas yang akan merugikan dirinya sendiri. maka dari itu, tugas seorang orangtua harus bisa memantau anak remaja agar tidak terjerumus terhadap pergaulan bebas.

Arindi Hamidah
Latest posts by Arindi Hamidah (see all)