Apakah Kalian Gejala Self-Conscious ?


20191225_094236_0000.png

Read 103 

Ada yang tau self-conscious itu apa?
Pernah gak sih kalian mencemaskan perkataan orang lain terhadap diri kalian.? Atau hidup kalian dikendalikan oleh kecemasan pendapat orang lain terhadap diri kalian, jika ia maka kalian termasuk orang yang self-conscious. Apa itu self-conscious? Self-conscious bisa diartikan sebagai kondisi emosi yang dipengaruhi oleh pikiran bagaimana kita dan orang lain disekitar melihat diri kita. Tanda self-conscious itu sendiri ada yang positif dan juga ada yang negative.

Gejalanya masih terbilang sehat ketika kita emosi karena hal itu masih dalam batas wajar dan tidak merubah perilaku seseorang.


Gejala positif itu sendiri seperti :
1.Bangga dengan keberhasilan yang dicapai
2.Dapat memahami dan menikmati lingkungan sosialnya
3.Berani minta maaf dan bertanggung jawab atas kesalahan yang di berbuat

Sedangkan gejala negatifnya seperti :
Emosi self-conscious negatif dapat meningkatkan risiko dan gejala-gejala gangguan jiwa selain itu, kalian juga akan semakin sulit untuk menyembuhkan diri dari trauma psikologis. Karena takut dicap negatif kalian malah tambah malu dan gengsi untuk mencari bantuan orang lain atau professional untuk mengatasi kecemasan kalian. Gejala emosi self-conscious yang bersifat negatif berikut ini bisa menghambat kemampuan beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.
1.Mengungkapkan rasa malu atau kecemasan dengan kemarahan atau tidak kekerasan
2.Mudah merasa iri
3.Menghindari melakukan interaksi social
4.Menyalahkan orang lain atas kesalahan yang diperbuat sendiri
5.Terlalu menyalahkan diri sendiri
6.Tidak percaya diri
7.Merasa gelisah,cemas,depresi,gugup, atau tidak nyaman

Lantas bagaimana cara mengatasi self-conscious negatif ?
Kalian tenang aja,Ada banyak cara untuk menangani kondisi self-conscious negatif dengan membangun citra diri yang positif dan membangun kepercayaan diri. Cari kegiatan atau posisi yang membuat kalian nyaman akan menjadi diri sendiri. Kenali dan pahami kelebihan dan pencapaian yang kalian miliki. Hindari keinginan untuk selalu membuat orang lain kagum. Cobalah untuk berinteraksi dengan orang lain meskipun dengan intensitas yang sedikit hal tersebut dapat membantu mengatasi kecemasan dalam berinteraksi.

Tapi kebanyakan orang yang kita jumpai kerap memberi saran “just be yourself” atau “jadilah diri sendiri”. Kedengerannya memang gampang tapi bagaimana caranya ? Robert Kelsey penulis buku what’s stopping you being more confident, mengungkapkan bahwa menerima diri sendiri adalah langkah pertama bagaimana kita bisa menjadi diri sendiri.

Jadi, tetep jadilah diri kalian yang apa adanya. Terserah orang mau suka atau enggak, ehh kalo semisal emang ada orang gak suka atau iri sama kalian berarti kalian udah mulai bisa menjadi dirimu sendiri. Dengarkan omongan mereka jika itu bisa membuat diri kalian menjadi lebih baik lagi. Tapi jika itu gak baik buat kalian jangan dipikirin berlebihan oke…

Anis Rina Siti Halimah
Follow me
Latest posts by Anis Rina Siti Halimah (see all)
Anis Rina Siti Halimah

Anis Rina Siti Halimah

Perkenalkan nama saya Anis Rina Siti Halimah, biasa di panggil anis