Aku tuh Kuliah Ngapain aja sih?


WhatsApp Image 2020-01-01 at 10.46.55 AM

Read 114 

Akhirnya setelah sekian lama ga nulis sekarang nulis juga deh. Rasanya gimana ya, campur aduk. Kek bingung milih kata-katanya dan bingung juga kalau mikirin bener apa engganya. Tapi yaudahlahya! Jadi nih akhir-akhir ini kan banyak banget matkul yang praktek ya, dan kebetulan ada matkul penyuluhan KB yang salah satu isinya itu berbicara tentang remaja juga.

Nah, kalau ngomongin remaja ya gitu deh wkwkwk. Lagi masa-masa transisi gitudeh peralihan dari kecil menuju dewasa. Bisa dibilang lagi nakal-nakalnya mungkin ya. Btw pas kemarin turun langsung ke lapangan, itu seriously beda banget sama yang selama ini dipelajarin. Oke, dikelas aku belajar tentang bagaimana remaja, konflik dan cara pemecahannya, bagaimana peran orang tua dan sebagainya. Tapi yang bikin langsung tertampar adalah pernah ga aku mikir tugas aku apa? peran aku gimana? Apa yang bisa aku lakuin dan harus aku lakuin ketika turun ke masyarakat? okelah kalau dibilang nanti udah lulus dan misal jadi penyuluh KB mungkin jelas ada tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Nah kalau sekarang? Apa cuma duduk diem, nugas, sikut sana sikut sini cuma ngejar nilai bagus. Gara-gara praktik matkul ini nih, minimalnya ada pemikiran tentang masyarakat.

Ya kalau ngomongin masalah remaja, aku juga masih masuk ke remaja sih. iya remaja akhir! bentar lagi dewasa dong. Kebayang kan rumitnya hidup? lagi masa-masanya quarter life crisis. Yuhu, jadi sekarang terngiang-ngiang deh “aku kuliah ngapain aja sih?”. sumpah demi apapun pas turun ke lapangan itu beda banget sama duduk di kelas terus merhatiin proyektor ya, aku serius! di lapangan kita dituntut yang namanya spontanitas. Ya kita harus siap dan sigap tentunya, tapi itupun harus penuh pemikiran. Ga bisa seenaknya gitu loh.

Padahal nih ya kalau dipikir-pikir lagi, sebagai mahasiswa yang dibilang agent of change, agent of social control, itu harusnya bener terlaksana. Tapi masih banyak banget yang cuma sekedar koar-koar di kampus demo ini itu dengan dalih mementingkan masyarakat, rakyat, atau hak sebagai mahasiswa. Diluaran sana, ko masih banyak yang belum tertata? Kan jurusan dari setiap universitas teh banyak ya macem-macem, kenapa ga coba membantu menopang tatanan masyarakat saja yang makin diperlebar pergerakannya? tuhkan lagi-lagi kepikiran. akutuh kuliah ngapain aja?

Devi Anggraeni
Follow me
Latest posts by Devi Anggraeni (see all)
Devi Anggraeni

Devi Anggraeni

Mahasiswi