7 Kebutuhan Remaja yang Harus Terpenuhi


20191230_063801_0000.png

Read 91 

Manusia mengalami tahapan perkembangan dalam hidupnya dan disetiap tahapan tentunya ada kebutuhan kebutuhan yang harus terpenuhi. Jika kebutuhan kebutuhan di masing masing tahap perkembangan tidak ter[penuhi maka akan menjadi potensi terjadinya penyimpangan. Lalu apa saja kebutuhan yang harus terpenuhi pada masa remaja, berikut 7 kebutuhan pada fase remaja:

Pertama, kebutuhan kasih sayang. Pada dasarnya semua makhluk hidup membutuhkan kasih sayang. Namun diusia remaja terpenuhinya kebutuhan kasih sayang harus sangat diperhatiakan. Usia remaja tergolong dari umur 12-24 tahun dan pada rentan umur ini setiap inidividu tentunya mengalami banyak perubahan mulai dari bentuk fisik, perubahan hormon, keadaan emosi dan banyak sebagainya. Pada masa remaja awal individu juga mulai mengenai perasaan ketertarikannpada lawan jenis. Nah salah satu terpenuhinya kebutuhan kasih sayang ialah dari ingkungan sekitar seperti teman dekat lawan jenis, sahabat disekolah dan banyak lagi. Namun bukan berarti mengurangi kebutuhan kasih sayang dari orang tua dan keluarganya.

Kedua, kebutuhan akan diikutsertakan dan diterima dalam suatu kelompok. Pada masa remaja , mereka mulai emasuki lingkungan yang lebih luas, lebih banyak mengenal orang orang dan mulai mengikuti beberapa perkumupulan organisasi. Maka mulai diusia SMP sudah sewajarnya seorang anak mulai aktif ikut serta dalam kegiatan organisasi sebagai upaya pemenuhan kebutuhannya . merera juga membutuhkan penghargaan yang lebih, maka mengapresiasi dan memuji mereka dalam setiap tindakannya akan membantu terpenuhinya kebutuhan pengakuan tadi.

Ketiga, kebutuhan untuk berdiri sendiri. Pasa fase remaja individu mulai berkeinginan untuk melakukan segala sesuatunya sendiri dan mulai menyusun rencana kehidupannya sendiri. Pada fase ini anak harus diberi kebebasan untuk mulai melakukan segala sesuatu untuk hidupnya dan diberikan pula pengwasan agar tidak terjadi penyelewengan.

Keempat, kebutuhan untuk dihargai. Setiap orang pasati membutuhkan penghargaan. Namun bagi remasa mereka menganggap bahwa penghargaan adalah kebutuhan pokok baik dari segi prestasi mauppun pribadi. Penghargaan yang diterima akan menambah motivasi dan semangat dalam menjalani segala sesuatu.

kebutuhan untuk berprestasi. Para remaja biasanya berupaya semaksimal mungkin untuk memperoreh prestasi baik dibidang akademik maupun bidang non akademik. Kebutuhan ini juga mendorong remaja untuk menggali potensi yang dimilikinya. Untuk memenuhi kebutuhannya ini biasnaya mereka mencoba berbahai hal untuk diikuti dan mulai memutuskan bakat apa yang menjadi focus untuk dikembangkan lagi.

Keenam, kebutuhan untuk m emperoleh falsafah hidup. Masa remaja adalah masa menemukan jati dirinya. Pada prosesnya tentunya akan banyak hambatan dan tantangan yang menghampiri. Kerap kali para remaja kehilangan arah hidup karena terbawa arus yang tidak baik. Maka penting bagi mereka mempunyai falsafah hidup sebagai pedoman dalam bersikap dan acuan dalam menentukan arah hidupnya.

Ketujuh, kebutuhan akan penngakuan. Hal ini sudah menjadi kebutuhan yang pokok bagi remaja. Pengakuan yang diharapkan baik dari orang tua, sekolah, guru, dan temannya. Jika hal tersebut tidka terpenuhi maka akan menimbulkan sikap rendah diri dan hilangnya kepercaya dirian.

Itulah 7 kebutuhan remaja yang harus terpenuhi. Pasa dasarnya setiap individu memiliki cara yang unik untuk memenuhi kebutuhan nya. Begitupun para remaja, mereka punya cara yang bervariatif untuk memenuhi kebutuhannya namun tujuannya tetap sama.

Silvi Nurbaitilah
Follow me
Latest posts by Silvi Nurbaitilah (see all)
Silvi Nurbaitilah

Silvi Nurbaitilah

Berkaryalah agar menjadi manusia berharga