4 Tanda TOXIC RELATIONSHIP!


WhatsApp-Image-2019-12-30-at-21.14.34.jpeg

Read 343 

Masih yakin hubungan lo baik-baik aja? Hubungan lo sama si doi normal?
Jangan sampai salah kaprah ya! Sekarang banyak loh yang berprasangka hubungannya normal padahal sebenernya dia terjebak dalam toxic relationship, begitupula sebaliknya. Sekarang gue jelasin beberapa tanda kalo sebenernya hubungan lo gak sehat!


1. Banyak kode-kodean
Kalo ada masalah atau keinginan, biasanya pasangan ini gak ngomong secara langsung, tapi main kode-kodean cem anak pramuka, atau malah diemin dan ngelakuin banyak hal nyebelin biar si pasangannya ngerti. Padahal ya mana dia paham kalo gak dijelasin, jatohnya malah jadi ilfeel dan males ngadepinnya. Kenapa ini dibilang toxic? Karena sebenernya pasangan ini gak nyaman untuk saling mengkomunikasikan satu sama lain. Bahasa lainnya adalah pasif-agresif. Dan solusinya adalah komusikasi asertif.

2. Nyalahin pasangan atas emosi yang dirasakan
Sikap kaya gini tuh toxic. Kenapa? Karena egois! Lo ngerasa lagi butuh pasangan lo karena suatu hal, sementara pasangan lo lagi gak fokus, ada kerjaan lain, dsb. Darisitu lo nyalahin pasangan lo karena gak peka. Lo nuntut diperhatiin atau semacamnya, lo nyalahin sikap dia sementara lo gak tau juga kan dia lagi gimana? Lo egois! Kenapa bisa gitu? Karena kurangnya Batasan personal yang baik. Dan solusinya adalah bertanggungjawablah atas emosi yang lo alamin! Bukan berarti gak boleh minta peluk atau gak boleh cerita ya. Tapi ya gak usah banyak berekspektasi sama oranglain.

3. Menutupi masalah dengan solusi sementara
Maksudnya adalah saat hubungan dalam masalah, bukan solusi tuntas yang dicari atau dilakuin, malah solusi sementara yang jadi jurus. Contohnya ngajak liburan, ngasih bunga atau coklat, belanjain ini itu, ngajakin jalan, atau bahkan nikah. Bukan maasalah yang diberesin, malah pemberian reward ke si orang yang marah. Kenapa ini toxic? Karena ya tetep aja si masalah gak selesai, itu cuma pengalihan isu aja biar si masalah gak jadi panjang. Padahal ya ini justru lebih parah. Dan solusinya ya tiap ada masalah tuh ya diomongin, dicari jalan keluarnya sampai tuntas, apapun yang terjadi ya hadepin. Jangan kabur dari masalah lo, gali lobang tutup lobang, kayak utang!

4. Menunjukkan kecemburuan
Kalo lo sampe ngelarang pasangan lo buat ketemu, ngobrol dsb dengan lawan jenis, lo keterlaluan. Hidup lo gak cuma berdua di dunia ini. Jangan sampe lo lupa kalo lo berdua makhluk social yang pasti butuh orang lain. Kenapa ini toxic? Karena lo nunjukkin ketidak percayaan diri lo, insecure. Dan lo gak percaya sama pasangan lo sendiri, dan jatohnya lo jadi nuduh dia juga macem-macem. Solusinya adalah percaya sama pasangan.

Ini beberapa contoh poin dari ciri-ciri hubungan yang gak sehat atau toxic relationship. Semoga abis baca ini, yang emang hubungannya gak sehat bisa lebih baik ya! Gak ada waktu terlambat untuk berubah jadi lebih baik kok, apalagi untuk mempertahankan hubungan lo sendiri, bahkan jauhnya mental lo 😊

Hilda Zahida
Follow me
Latest posts by Hilda Zahida (see all)
Hilda Zahida

Hilda Zahida

Im a weird girl.